Indonesia City Expo (ICE) 2018 Menjadi Momentum Perluas Jaringan Bisnis UMKM

IniOnline.id – Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut baik kegiatan pameran produk unggulan daerah yang diwadahi dalam Indonesia City Expo (ICE) 2018. Menurutnya, ajang tersebut dinilai positif untuk membuka jalur kemitraan bisnis dan investasi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok.

“Momentum ini sangat bagus untuk dimanfaatkan pelaku usaha dan Perangkat Daerah (PD) terkait, untuk menambah jaringan bisnis. Karena, di ICE 2018, ada sekitar 98 daerah yang turut serta mempromosikan produk-produk terbaik mereka,” kata Mohammad Idris, di Halaman Islamic Centre Baitul Izzah Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (26/07/2018).

Secara umum, kata Mohammad Idris, ICE 2018 masih merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Karena itu, berkumpulnya berbagai daerah dalam satu wadah pameran, diyakininya akan lebih mudah untuk meningkatkan kerja sama satu sama lain.

Mohammad Idris memberikan contoh dari sisi kuliner. Produk dodol Depok yang dibuat langsung di lokasi, ternyata diminati pengunjung. Hal ini, imbuhnya, bisa ditindaklanjuti kepada pemangku kebijakan terkait.

“Misalkan ketika ada kegiatan pesta rakyat, kita bisa saja mengirimkan dodol Depok ke Tarakan. Dengan demikian, manfaat dari aspek ekonominya lebih terasa,” katanya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida juga berpendapat, pameran tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas pelaku usaha. Terlebih, setiap wilayah menampilkan berbagai produk yang unggul dan kreatif.

“Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi pelaku usaha dan PD terkait, guna meningkatkan inovasi-inovasi produk,” tutupnya.(ery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *