Carnaval Tropical De Paris Pada Hari Minggu 1 Juli 2018

Paris, Perancis: IniOnline.id – Lebih dari 70 ribu orang memadati sepanjang jalan Champs-Élysées di jantung kota Paris untuk melihat Carnaval Tropical de Paris pada hari minggu 1 Juli 2018. Ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Walikota Paris, Federation du Carnaval Tropical de Paris, dan Pemerintah Daerah Ile-de-France setiap memasuki musim panas. Tahun ini, kembali hadir tim Indonesia yang terdiri atas kumpulan asosiasi Indonesia di Prancis dalam binaan KBRI Paris, yaitu ikatan diaspora Indonesia-Prancis IDNF, Sekar Jagat, IKFI, Pasar Malam, Joged Nusantara, Pencak Silat KBRI Paris, Bonapasogit, serta PPI Paris. Menambah kemeriahan penampilan seni Indonesia adalah kehadiran tim gamelan dan tari dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang. ​

Tim Indonesia mengangkat tema “Batik”, dengan tetap mengedepakan keragaman budaya Nusantara. Di bawah cuaca panas sekitar 36 derajat Celsius, karnaval berlangsung sangat meriah, menempuh jarak 3 km, melewati sepanjang jalan Champs-Élysées dan monumen Arc du Triomphe. Peserta karnaval mencapai 3000 orang terdiri atas 36 grup pemusik dan penari, yang mewakili berbagai negara tropis, seperti Brasil, Bolivia, Kosta Rika, Haiti, Panama, serta wilayah Prancis seberang-laut (outre-mer), seperti Guadalupe, Guyane, dan Martinique. Adapun tim Indonesia yang berjumlah 100 orang adalah satu-satunya peserta Asia.


Sepanjang jalur yang dilalui peserta karnaval diliput berbagai stasiun televisi khususnya France Television (France O) dan televisi Outremer Premiere. Tim Indonesia pun menampilkan musik utama gamelan dari Udinus, bersama beberapa tarian Nusantara secara bergantian dari para asosiasi Indonesia. Masyarakat Prancis dan turis yang menyaksikan karnaval ini memberikan sambutan meriah kepada barisan Indonesia yang tampil. Sebelumnya pada tahun 2017, tim karnaval “Indonesia” mengusung tema “Pencak Silat”.

​Jalan Champs-Élysées dikenal sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan di Prancis, yang juga dipenuhi dengan banyak kafe, teater, dan beberapa butik ternama Prancis, seperti Louis Vuitton, Hermes, Celine, dan Dior. Champs-Élysées juga adalah lokasi parade militer nasional Prancis “Bastille Day” setiap tanggal 4 Juli, serta garis finish balap sepeda Tour de France. ( kemlu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *