Masyarakat London Apresiasi Seni dan Budaya Sunda

London, IniOnline.id – Apresiasi besar diberikan masyarakat London, Inggris, terhadap seni budaya Indonesia. Mereka terpesona oleh atraksi para seniman Sunda yang disajikan Kedutaan Besar Indonesia.

Aksi para seniman Sunda itu adalah bagian dari Silaturahmi Idul Fitri 1439 H. Acara tersebut digelar Kedutaan Besar Indonesia di London belum lama ini. Silaturahmi dilakukan di Wisma Nusantara, atau kediaman resmi Duta Besar Indonesia di London.

Suasana silaturahmi semakin seru dengan hadirnya  seni budaya Sunda. Seniman Sunda Imam Jimbot yang berkolaborasi dengan akademisi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, mampu memukau pengunjung. Kolaborasi ini begitu mahir memainkan berbagai instrumen musik berbasis Sunda. Show menjadi spesial lantaran nuansa tradisional bertemu modern melalui gitar dan biola.

Aksi unik ini benar-benar menjadi pemikat ampuh. Buktinya sekitar 1.600 warga London berkumpul di Wisman Nusantara. Mereka menikmati aksi seniman-seniman Sunda dengan berbagai ekspresi. Mulai ikut bergoyang mengikuti irama hingga beraksi merekan momen memakai handphone. Semua dibuat terkesima oleh aksi Jimbot dan kolega.

Selain di acara ini, Imam Jimbot pun akan menghadiri berbagai workshop. Khususnya mengenai kecapi, seruling, dan kendang di beberapa sekolah dan universitas di London. Ada School of Oriental and African Studies (SOAS) dan Universitas Birmingham.

Menguatkan unsur kearifan lokal, seniman Sunda serba bisa Lili Suparli ditampilkan. Aksinya adalah bermain wayang golek berkolaborasi dengan Rudi Mukhram.

Show wayang golek menjadi semakin hidup di tangan Lili dan Rudi. Karakter tokoh yang ditampilkan semakin kuat. Tokoh wayang golek Cepot dan Dawala pun mampu mengundang gelak tawa para pengunjung.

Lili dan Rudi saat ini sedang mengikuti program Residensi kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London di Universitas Goldsmiths. (Kemenpar/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *