Inovasi Pemkot Bogor di Bidang Pelayanan Adminduk

Bogor, IniOnline.id – Pemkot Bogor punya ragam inovasi untuk mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat dan stakeholder. Sejalan dengan Instruksi Presiden dan surat edaran Kemendagri, salah satu yang menjadi perhatian Walikota Bogor Bima Arya adalah peningkatan kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Kota berjuluk Kota Hujan ini bahkan tetap membuka layanan Adminduk selama libur lebaran Idul Fitri lalu. Tidak tanggung-tanggung, layanan selama libur lebaran dibuka di 6 kecamatan dan 68 kelurahan.

Terkait layanan Akta Kelahiran, Dinas Dukcapil Kota Bogor akhir-akhir ini menerima banyak permohonan karena jelang ajaran baru. Menghadapi Pilkada dan Pemilu, Dinas Dukcapil melakukan Jebol (Jemput Bola) langsung kepada masyarakat.

Inovasi berikutnya, Dinas Dukcapil Kota Bogor memiliki 6 unit sepeda motor berjenis matic untuk menyusuri pelayanan sampai ke gang-gang, dan 1 unit mobil keliling untuk pelayanan Jebol. Satu kali dalam seminggu, mobil keliling stand by di kegiatan Car Free Day Kota Bogor di Jalan Sudirman.

Inovasi lainnya tak luput dilakukan Dukcapil Kota Bogor, yakni dengan membuka outlet Dukcapil yang berada di BTM (Bogor Trade Mal) Kebun Raya yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu oleh Walikota Bogor Bima Arya.

Untuk meyakinkan pelayanan mudah dan gratis, Dinas Dukcapil juga memviralkan tagline Salam Nol Rupiah. Tagline ini sebagai wujud komitmen terhadap pelayanan Adminduk yang gratis alias bebas biaya apapun.

Terakhir, Dinas Dukcapil Kota Bogor menyediakan Blue Room. Blue Room adalah satu ruang yang terkoneksi dari beberapa tempat pelayanan di tujuh titik.(kemendagri/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *