Agusta Menduga Sosialisasi Asean Games Ada Kepentingan Politik Pilgub Sumsel

Palembang–inionline.id–Koordinator Pemerhati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Selatan (Sumsel), Agusta Surya Buana menduga sosialisasi Asian Games dimanfaatkan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noordin sebagai sarana kampanye putranya Dodi Reza yang berpasangan dengan Giri Ramhanda. Hal ini menurut Agusta tampak dari protes warga di media sosial yang mempermasalahkan pengumpulan massa dengan dalih sosialisasi Asian Games.

Selain Agusta, lebih jauh kuasa hukum pasangan Herman Deru dan Mawardi Yahya (HDMY), Dhaby Gumayra mengatakan hal yang senada. Dhaby menerangkan tim kuasa hukum HDMY telah melaporkannya ke Bawaslu, namun belum diketahui kelanjutannya.

Menanggapi itu, Calon Gubernur (Cagub) Sumsel, Nomor Urut Tiga (3), Ishak Mekki meminta agar sosialisasi Asian Games bebas dari kepentingan politik. Apapun motifnya, kapan pun waktunya, siapapun sasarannya, janganlah Asian Games yang menjadi momen pemersatu olahraga yang adil, menjadi sarana kepentingan sekelompok untuk meraih kuasa dengan cara – cara yang kurang elegan.

“Saya mengharapkan semua calon dapat menjunjung tinggi etika demokrasi. Artinya dapat mengukur diri apakah dirinya mempolitisir sosialisasi Asian Games atau tidak. Etika ini berlaku untuk semua, termasuk saya,” ujar Ishak, Senin (14/5).

Jika semua pasangan calon ini sudah memahami etika politik, tentunya juga kita bersama – sama menginginkan penegakan hukum secara adil dan konsokuen, jika memang ada pelanggaran yang mempolitisir sosialisasi Asian Games. Pengawas Pemilu seperti Bawaslu atau Panwaslu serta aparat keamanan harus bertindak sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

“Artinya harus diproses terlebih dahulu, jika ada laporan yang masuk. Kalau tidak terbukti, jangan dicari – cari alasannya agar ada kesalahan dalam sosialisasi kampanye Asian Games, namun jika terbukti bersalah, silakan tindak tegas,” tegas Ishak.

Sikap menjung tinggi etika dan mengikuti aturan yang berlaku dalam Pilkada serentak di Sumsel ini, menurut mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) dua periode tersebut, turut menjaga kondusifitas pelaksanaan Asian Games nanti. Artinya masyarakat Sumsel akan bersatu dan bersama – sama mensukseskan Asian Games dalam iklim demokrasi atau Pilkada yang bersih dan sehat.

“Saya yakin masyarakat Sumsel tidak mau ada preseden buruk di momentum pilkada serentak dan Asian Games kali ini. Mari kita taati aturan dan bersatu padu mensukseskan kedua momen ini,” pungkas Ishak. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *