Wagub Kepri Terpilih Segera Dilantik

JAKARTA, IniOnline.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Jumaga Nadeak mengapresiasi sikap dan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang menindaklanjuti pengesahan dan pelantikan Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri) terpilih Isdianto. Rencananya, Wagub Kepri terpilih itu akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 27 Maret mendatang.

“Saya mengapresiasi Mendagri dan Dirjen (Direktur Jenderal) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri yang sudah memproses SK Wakil Gubernur ke Presiden,” kata Jumaga pada wartawan usai audiensi dengan Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Gubernur dan Calon Wagub Kepri di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Jumaga berharap, pasca dilantik Wagub Kepri terpilih nantinya dapat saling mendukung dengan gubernur dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan di Kepri.

“Harapan kita ke depan supaya gubernur dan wakil gubernur itu saling mendukung di dalam hal melaksanakan tugas-tugas di Provinsi Kepri. Kami puas dan masyarakat Kepri menerima dengan lapang dada keberadaan gubernur dan wakil gubernur dalam melaksanakan pembangunan di Kepri,” kata Jumaga.

Sementara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, dalam sisa tiga tahun periode kepemimpinannya dia ingin memaksimalkan pembangunan dan pelayanan publik di Kepri, misalnya, pelayanan dalam bidang pendidikan dan infrastruktur.

“Pasti kita maksimalkan pelayanan. Pendidikan, sekolah termasuk juga infrastruktur. Saya mengambil kebijakan nanti pak wakil mengamankan kebijakan ini. Sama dengan mulai Sekda sampai SKPD-SKPD lainnya. Jadi kalau saya ke lapangan bisa pak wakil memimpin rapat. Ini bisa menjadi contoh supaya pemerintah lebih maksimal,” kata Nurdin.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono mengatakan, kekompakan antara Gubernur Kepri, Wagub Kepri terpilih, dan Ketua DPRD Kepri dalam menyelesaikan persoalan pengisian jabatan Wagub Kepri dapat dijadikan contoh oleh daerah lainnya. Kekompakan yang menunjukkan solidnya hubungan antara eksekutif dan legislatif.

“Pak Menteri mengharapkan supaya trio ini, gubernur, wakil, dan DPRD bisa memberikan contoh, Kepri adalah model pemerintahan yang harmonis dan terbaik di Indonesia. Supaya bisa memberikan contoh kepada yang lain. Itu saja intinya. Prinsip, tanggal 27 Maret pelantikan,” ujar Sumarsono usai mendampingi Mendagri Tjahjo Kumolo menerima audiensi Gubernur Kepri, Wagub Kepri terpilih, dan Ketua DPRD Kepri, di Gedung Kemendagri. (kemendagri/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *