Berkeadilan Dalam Seminar Yang Bertema Hutan Memerah, Hewan Memunah

IniOnline.id – Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan menyampaikan materi Kebijakan Konservasi Kehati menuju Pengelolaan TSL yang Berkeadilan dalam seminar yang bertema Hutan Memerah, Hewan Memunah (Menjawab Tantangan Pengelolaan Hutan dalam Menjaga Kelestarian Hewan Appendix). Seminar berlangsung di auditorium Kehutanan, Universitas Hasanuddin Makassar yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Prof. DR. Yusran S.Hut,. M.Si, Mahasiswa/i Fakultas Kehutanan dan Fakultas Kedokteran jurusan Kedokteran Hewan. Seminar sehari ini diselenggarakan oleh Biro Belantara Kreatif, Silva Indonesia PC. Unhas bersama Korps HMI Wati Komisariat Kehutanan dan Korps HMI wati Kedokteran Hewan Cabang Makassar Timur.

Dalam materi yang disampaikannya, Ir. Thomas Nifinluri, M.Sc menjelaskan potensi Sumber Daya Alam di Indonesia dan upaya-upaya konservasi yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan termasuk 10 cara baru peningkatan pengelolaan kawasan konservasi, beliau juga menekankan pentingnya kesamaan Niat dan Sinergitas sampai pada tingkat lapangan dalam pengelolaan Tumbuhan dan Satwa liar di Indonesia, sehingga apa yang telah dibahas pada seminar ini tidak hanya berakhir didalam ruangan namun juga dapat diimplementasikan pada tataran pelaksanaan.

Disampaikan juga materi tentang “Animal Ethics” oleh Zulfikar Basrul S.KH, M.Sc seorang aktifis Animal Welfare, yang menjelaskan bagaimana perbedaan sudut pandang terhadap Satwa Liar dapat menjadi salah satu faktor bagaimana Satwa tersebut diperlakukan dan kaitannya terhadap kelestarian Satwa Liar dan upaya perlindungannya. (kementrian lingkungan/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *