Awal 2018 Disdukcapil Kota Bogor Deklarasikan One Day Service

IniOnline.id -Demi meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat kota Bogor, dinas kependudukan dan catatan sipil kota Bogor tengah bersiap melaksanakan one day service kepada warga kota Bogor. Melalui kepala bidang kependudukan disdukcapil kota Bogor yaitu Agus Suparman telah menegaskan bahwa program kerja one day service itu tengah dimatangkan oleh disdukcapil kota Bogor dibawah komando Dodi Akhdiyat selaku kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kota Bogor pada rabu (3/01/18).
Program one day service ini nantinya akan secepatnya direalisasikan dengan beberapa syarat diantaranya adalah ketersediaan jaringan yang baik, hal ini diperlukan karena data pemohon akan dikirimkan langsung ke kementrian dalam negeri pada dirjen dukcapil untuk melalui proses penunggalan data, baru setelah dinyatakan memenuhi syarat maka disdukcapil kota bogor bisa mencetak kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL) si pemohon. Syarat kedua adalah data warga kota Bogor yang mengajukan untuk one day service ini harus dinyatakan sebagai data print ready record (PRR) dan status data ini hanya dikeluarkan oleh kementrian dalam negeri langsung baru setelah itu disdukcapil kota Bogor diperbolehkan mencetak data warga pemohon KTP-EL tersebut. “Selain itu syaratnya cukup mudah, warga kota Bogor harus datang langsung ke kantor disdukcapil tidak boleh diwakilkan dan membawa kartu keluarganya” ujar Agus. Hal ini diperlukan karena semua pencetakan KTP-EL hanya dilakukan di kantor disdukcapil saja.
Selain one day service, disdukcapil kota Bogor juga menyiapkan motor keliling untuk melakukan perekaman data, adanya motor keliling ini nantinya akan digunakan disdukcapil kota Bogor untuk service dari pintu ke pintu warga kota Bogor yang data dirinya belum direkam. “Selain dari pintu ke pintu juga motor keliling ini akan dikhususkan bagi warga kota Bogor yang sedang terkendala fisik sehingga tidak bisa datang ketempat perekaman” ujar Agus. Motor sebanyak enam unit yang diajukan pada anggaran perubahan tahun 2017 ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan disdukcapil kota Bogor terhadap masyarakat.
Agus Suparman juga menghimbau kepada seluruh warga kota Bogor untuk segera melakukan perekaman identitas diri karena KTP-EL ini nantinya akan dibutuhkan untuk berbagai hal termasuk hak pilih dalam pemilihan walikota Bogor 2018. (na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *