Value for Money, Harapan dari Perubahan Paradigma Penyerapan

Jakarta – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengingatkan kembali pentingnya perubahan paradigma penggunaan anggaran dari penyerapan menjadi Value for Money. Hal ini disampaikan Wamenkeu pada acara Seminar Budget Day dengan tema “Transformasi Penganggaran untuk APBN Berkualitas” di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta pada Rabu (22/11).

“Implementasi anggaran yang berkualitas artinya selalu menggunakan value for money seperti yang Ibu (Menteri Keuangan) sampaikan. Bagaimana ekonomisnya, bagaimana efisiensinya dan bagaimana efektifnya. Tidak semata-mata hanya penyerapan anggaran tapi bagaimana bisa mengoptimalkan anggaran agar betul-betul dilaksanakan sesuai dengan yang sudah direncanakan sehingga output, outcome, sampai ke impact betul-bisa betul terwujud,” paparnya.

Sinergi ini merupakan suatu harga yang mahal dan langka. Oleh karena itu, DJA (Direktorat Jenderal Anggaran), DJPK (Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dan DJPB (Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara) sudah bertekad bulat untuk bersinergi, pungkasnya. (kemenkeu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *