Presiden Minta Awasi Program Dana Desa

Bogor – inionline.id

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa program Dana Desa memerlukan peran serta masyarakat dalam pengawasannya agar dapat berjalan optimal untuk menggerakkan perekonomian desanya. Pernyataannya tersebut disampaikannya pada  Rabu, (18/10) pada rapat terbatas (Ratas) optimalisasi Dana Desa di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Saya minta penggunaan Dana Desa ini betul-betul ada pendampingan. Didampingi dengan baik terkait jenis proyeknya, waktu pengerjaan, dan juga manajemen lapangannya diawasi semuanya,” tegasnya.

Sehari sebelumnya, Presiden juga telah menginstruksikan kepada para kepala desa untuk lebih melibatkan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan yang ada. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi penggunaan Dana Desa yang telah diberikan pemerintah pusat.

“Pengawasan yang paling baik itu adalah dari masyarakat,” tuturnya.

Dikutip dari rilis resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden menjelaskan bahwa sebanyak 74.958 desa dan 8.430 kelurahan telah dibantu dengan alokasi Dana Desa hingga mencapai total Rp60 triliun di tahun 2017. (kemenkeu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *