Pengembangan Bandara Trunojoyo Akan Selesai Tahun 2019

Sumenep – inionline.id

Dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Minggu (08/10), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ditugaskan Presiden untuk segera mengembangkan Bandara Trunojoyo baik perpanjangan landas pacu (runway) maupun pelebaran terminal penumpang. Hal demikian mengingat Kabupaten Sumenep dengan penduduk 5,8 juta jiwa memiliki potensi ekonomi dan mobilitas tinggi bepergian ke berbagai destinasi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pembebasan lahan bagi rencana perpanjangan runway. Ia juga memastikan pembangunan dan pengembangan Bandara Trunojoyo akan selesai dibangun pada 2019.

“Saya telah menugaskan Dirjen Perhubungan Udara untuk segera melakukan perencanaan pembangunan dan pengembangan Bandara Trunojoyo, diharapkan tahun depan sudah mulai dibangun. Semuanya akan selesai tahun 2019,” katanya.

Dikutip dari situs Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Menhub menargetkan perpanjangan runway dari saat ini 1.600 meter dan lebar 30 meter menjadi 2.250 meter dan lebar 45 meter agar dapat didarati pesawat berbadan lebar. Begitu juga dengan terminal, Menhub menyebut pengembangan terminal penumpang akan dilakukan dalam tiga tahap.

“Untuk pengembangan terminal penumpang, tahap 1 seluas 800 meter persegi, tahap 2 seluas 1.160 meter persegi dan tahap 3 seluas 2.139 meter persegi,” pungkasnya. (kemenkeu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *