Unhan Ajak Tamu Internasional Mengenal Budaya Indonesia

Headline157 views

Jakarta – inionline.id – Seminar Internasional bertajuk Indonesia Internasional Defense Science Seminar yang digagas oleh Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) telah sukses dilaksanakan. Selapas acara seminar, Unhan mengajak para pembicara internasional berkunjung ke TMII untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia, Jumat (14/7).

Pembicara dan peserta yang berasal dari Amerika, Rusia, Perancis, dan Cina sangat antusia mengunjungi anjungan Papua. Rombongan para pembicara IIDSS disambut dengan tarian Wor asal Papua yang merupakan tarian penyambutan yang biasa ditarikan bagi tamu atau pengantin yang memasuki sebuah acara, pengenalan budaya Indonesia dilanjutkan dengan berkeliling melihat rumah adat Papua hingga berkeliling melihat pakaian, alat buru, dan patung khas Papua.

Salah satu pembicara dari AS Stephen R. Gorin menyatakan kekaguman akan aneka ragam budaya Indonesia, dan berterima kasih telah diberi kesempatan untuk berkunjung ke TMII sehingga lebih mengenal lagi berbagai budaya yang ada di Indonesia.

Keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia telah memukau para pembicara internasional, mereka antusias mendengarkan keterangan dari pemandu wisata sambil dan menyatakan ingin kembali berkunjung ke Indonesia lagi bila ada kesempatan, seperti yang disampaikan oleh Siemon T. Wazeman dari SIPRI

Puas berkeliling di dalam Museum Indonesia, pembicara mengunjungi Anjungan Sumatera Barat untuk melihat kemegahan arsitektur Rumah Gadang. Dua pertunjukan tarian adat diiringi permainan alat musik tradisional khas Sumatera Barat ditampilkan untuk menghibur para pembicara sebelum makan siang disuguhkan dalam Rumah Gadang. Usai makan siang, para pembicara diberikan kesempatan untuk saling berbincang dan beristirahat sejenak. Acara kunjungan budaya tersebut diakhiri setelah makan siang, para pembicara meneruskan perjalanannya dan kembali ke negara asalnya masing-masing.

(Ald/Kabag Humas Unhan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *