Melalui Kegiatan Pesantren Literasi Dompet Dhuafa Hidupkan Taman Bacaan Masyarakat

Bogor – inionline.id – Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa Kamis, (15-6-2017) mengadakan kegiatan Pesantren Literasi di Pendopo 45 Hotel & Resto.

Mengambil tema Inovasi Literasi acara Pesantren Literasi diikuti oleh 20 Duta Gemari Baca Batch 2 dari wilayah Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi. Para Duta Gemari baca merupakan orang-orang yang aktif dalam gerakan literasi.

Hadir sebagai pembicara pertama dalam workshop Sharping the idea of inovation Dini Wikartaatmaja pustakawan PSB Dompet Dhuafa.

Dini menyatakan bahwa perjuangan mengelola sebuah taman bacaan masyarakat bukan hal mudah.

” Taman Bacaan Masyarakat (TBM) seringkali hanya ramai di awal pembukaan kemudian hidup segan mati tak mau. Ada banyak faktor penyebabnya, ” ungkap Dini.

” Penyebab utama mati surinya sebuah TBM berasal dari komitmen pengelola. Tak jarang kebosanan dan lingkungan yang tidak mendukung juga. Bahkan TBM yang diinisiasi oleh pemerintah sebagain besar tak lagi melayani sirkulasi buku, ujar Dini dengan raut muka sedih.

Acara semakin interaktif dengan permainan literasi yang dimainkan bersama-sama oleh peserta. Peserta diberikan koran bekas dan diminta membuat sebuah barang kreasi yang menarik. Ada yang membuat kotak informasi, majalah dinding. (Ald)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *