Mandi Belerang di Pinggir Ibu Kota

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terdengar asing sampai akan pergi ke sana. Tidak pernah terlintas bahwa ada fasilitas sumber air panas yang cukup baik, berjarak hanya sekitar 40 menit dengan berkendara dari tol keluar Serpong, Tangerang, sedikit ke luar Kota Jakarta. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor ada di Desa Ciseeng,

Untuk menuju ke lokasi, gunakan tol JORR, keluar di pintu tol Serpong. Sampai pertigaan pertama belok kanan ke arah Puspitek Serpong. Mentok, belok kiri ke arah Parung. Di pasar Parung terus lurus, sampai bertemu pompa bensin di kiri. Beberapa meter dari pompa bensin akan terlihat papan nama Tirta Sanita di kiri jalan.

Pemandangan pada pintu masuk ke dalam lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dengan loket pembayaran karcis masuk berada sebelah kanan setelah gapura. Untuk masuk ke dalam area, pengunjung dewasa saat itu perlu membayar Rp.5.000 per orang, dan Rp.6.000 pada akhir pekan, sedangkan anak hanya dikenakan tiket masuk Rp.3.500.

Setelah melewati deret pohon Palm Raja yang anggun dan area bermain anak cukup luas di sisi sebelah kiri jalan, ada beberapa kios sederhana di sisi sebelah kanan yang menawarkan sejumlah koleksi ikan Cupang (Betta splendens). Ikan-ikan kecil yang cantik ini memiliki bentang sirip sangat lebar dengan warna-warni sungguh indah.

Salah satu dari sekian banyak bak rendam VIP di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang sekali masuk hanya boleh untuk satu orang. Harap maklum bahwa pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dilarang masuk berdua ke dalam bak rendam VIP ini, meski suami istri sekalipun. Hal yang baik untuk menghindari kesan buruk.

Setiap pengunjung sebaiknya berendam selama sekitar 15-20 menit saja dalam air hangat yang mengandung belerang ini. Air panas di tempat ini dipercaya bisa memperhalus serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Pengunjung membayar lagi Rp.10.000 per orang untuk berendam dalam bak VIP ini.

Setelah selesai berendam di bak mandi, pengunjung akan mendapat sebotol air dingin untuk menyegarkan tenggorokan. Keran air tawar juga ada dalam kamar VIP ini, meskipun sebaiknya tidak dibilas selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil lebih baik. Penyakit kulit bisa sembuh, kulit lebih halus, jika berendam secara teratur.

Pemandangan pada bukit kapur putih dengan tekstur indah, dimana awal sumber Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu mulai mengalir. Fasilitas untuk kegiatan outbound juga tersedia di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, termasuk flying fox yang ada pada ujung lintasan tali panjat, dengan biaya Rp.25.000 per orang.

Jika anda ingin berlama-lama berendam air panas berbelerang dengan biaya murah, maka pemandian bak terbuka di perbukitan ini bisa menjadi pilihan, sebelum atau setelah berkunjung ke pemandian air panas utama. Anda bisa juga mencicipi Soto Mie di area parkir. Carilah warung sederhana terdekat loket masuk.

Meskipun area tempat parkir di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng tersedia sangat luas, namun pada akhir pekan serta hari libur nasional area parkir ini bisa saja sangat padat. Mungkin anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mendapatkan tempat jika datang terlalu siang, karena banyak orang akan berkunjung ke tempat ini. (nha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *