BAPATONG KULINER KHAS BOGOR

Mungkin anda akan sedikit mengernyitkan dahi bila mendengan nama makanan ini. Yap Bapatong memang nama yang cukup aneh. Namun jangan salah, Bapatong merupakan spot kuliner terkenal di Bogor, bahkan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner wajib.

Bapatong adalah singkatan dari kata Baso Kupat Gentog. Penamaan khas seperti kebanyakan makanan di sunda yang diberi nama dengan singkatan semisal Sukro (suuk di jero), comro (oncom di jero), Gehu (toge tahu), batagor (baso tahu goreng) dan lain-lain. Baso Kupat Gentong ini adalah kuliner dengan kuah yang sangat menggugah selera.

Meski mengusung nama baso, sejatinya Bapatong sedikit berbeda dengan varian Bakso lainnya. Yang paling terlihat berbeda terutama pada penyajiannya. Bapatong disajikan dengan Kupat (ketupat) ditambah daging sebagai pelengkap kuahnya yang mantap. Teksur baso yang lembut dan perpaduan cita rasa kuah ditambah daging adalah kuliner sempurna bila disantap dalam keadaan panas. Apalagi di musim penghujan, Bapatong cocok dinikmati di cuaca sejuk dan dingin kota bogor.

Untuk harga bapatong ini berbeda-beda sesuai pedangang yang menjualnya. Biasanya harga bapatong ini di patok mulai harga Rp.15.000,- dan anda bisa menjumpai pedagang yang berjualan bapatong ini di jalan Taman Kencana, Bogor. (nha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *