Ini Alasan Mata Tertutup saat Bersin

JAKARTA – Pernahkah Anda bersin dengan mata terbuka? Banyak mitos mengatakan bahwa bola mata Anda bisa lepas apabila bersin dengan mata terbuka. Benarkah demikian?
Menurut penelusuran Okezone dari berbagai sumber, bola mata tidak akan lepas begitu saja ketika Anda bersin dengan mata terbuka. Namun bersin dengan mata terbuka juga bukanlah hal yang umum.
Hidung dan mata terhubung dengan saraf yang disebut cranial. Saraf ini menyimulasi mata tertutup ketika seseorang bersin melalui otak. Otak akan secara reflek memerintahkan kelopak mata untuk tertutup ketika bersin.
Menutup mata ketika bersin juga memiliki keuntungan sendiri. Ketika bersin, 5.000 tetesan lendir dan udara dengan kecepatan hingga 100mph (160kph) keluar dari lubang lendir. Menutup kelompak mata juga melindungi bola mata dari lendir dan bakteri yang dibawanya keluar.
Seperti diketahui, seseorang bersin karena reaksi adanya iritan yang berkontak dengan mukosa hidung sehingga memicu saraf trigeminal yang mengirimkan sinyal yang berakhir di bagian bawah otak yang dikenal sebagai medula. Dada Anda akan mengembang, paru-paru Anda mengisi udara, lalu Anda Anda bersin. (Aldi)

Sumber : http://m.okezone.com/read/2017/01/10/56/1587995/tahukah-anda-alasan-mata-selalu-tertutup-saat-bersin?utm_source=techno_hl