by

Di Wonogiri Prajurid TNI tanam 4000 Pohon Pisang

WONOGIRI – Para prajurit TNI-AD Koramil Wonogiri Kota pimpinan Kapten (Inf) Tono, tampil memprakarsai penanaman pisang (Mussa paradica) varietas Raja Bulu. Lokasinya memakai lahan milik petani di tiga dusun di Desa Wonokerto, Kecamatan Kota Wonogiri. Yakni di Dusun Kaliabang, Dusun Dungsono dan Dusun Jaten.
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Basuki Sepriadi melalui Perwira Sandi Letda (Inf) Nurhadi, selaku Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, menyatakan, bibit pisang Raja Bulu yang ditanam di tiga dusun tersebut, totalnya berjumlah sebanyak 4 ribu batang. ”Bibit pisangnya, merupakan bantuan yang diberikan oleh Korem 074 Warastratama Surakarta,” jelasnya.
Danramil Wonogiri Kota, Kapten (Inf) Tono, menambahkan, empat ribu bibit pisang Raja Bulu tersebut, ditanam di lahan seluas 10 Hektare (Ha). Yang pengelolaannya ditangani melalui institusi Kelompok Tani (Klomtan) Tani Mulyo, yang diketuai oleh Priyanto. Penanaman pisang Raja Bulu ini, secara individual diharapkan dapat ikut mendukung kiat peningkatan pencukupan gizi petani dan keluarganya, terkait dengan pelaksanaan gerakan swasembada pangan nasional, sebagaimana yang diprogramkan pemerintah.
Di sisi lain, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani, sebagai upaya mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraannya. Sebab buah pisang, disamping dapat dikomsumsi sendiri, juga dapat dijadikan sebagai komoditas yang memiliki nilai ekonomi. Karena ketika buah pisang telah masak, dapat langsung dijual sebagai komoditas buah lokal, atau dikembangkan untuk bahan baku industri makanan olahan yang dapat menambah penghasilan masyarakat.
Varietas Unggul
Pisang Raja Bulu, termasuk varietas pisang unggul, karena salah satu jenis pisang raja yang ukurannya sedang dan gemuk. Bentuk buahnya melengkung, dengan pangkal buah agak bulat. Kulitnya tebal berwarna kuning berbintik cokelat. Daging buahnya sangat manis, berwarna kuning kemerahan, bertekstur lunak, dan tidak berbiji.
Masing-masing panjang buah antara 12-18 cm, dengan bobot rata-rata 110-120 gram. Setiap pohon, biasanya dapat menghasilkan rata-rata sekitar 90 buah dalam setiap tandannya. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, penanaman pisang memerlukan pasokan air yang rutin, juga perlu kelembaban tanah jangan kurang dari 60-70 persen.
Tanah yang paling baik untuk pertumbuhan pisang, adalah tanah liat yang dalam dan gembur, berada di hamparan lahan yang memiliki pengatiran drainase tata air yang baik. Kesuburan tanah akan sangat menguntungkan bagi budidaya pisang, dan perolehan kandungan bahan organiknya. Tanaman pisang, toleran terhadap kadar keasaman tanah yang pH-nya mencapai 4,5-7,5.
Sumber : suaramerdeka.com