by

Beasiswa LPDP 2017 Cair Rp 22,5 Triliun

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan negara bakal mengelola Rp22,5 triliun dana untuk beasiswa di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini. Angka itu naik Rp2,5 triliun dari tahun lalu.

Sri Mulyani mengatakan, negara mengajak seluruh putra bangsa untuk berani menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi di berbagai universitas terbaik di dunia. Sebagai upaya untuk memfasilitasi hal tersebut, negara telah mengalokasikan sejumlah dana untuk dikelola sebagai tangan panjang pemerintah dalam memberikan beasiswa.

“Indonesia tidak bisa lagi menunggu menjadi negara yang kualitasnya biasa-biasa saja. This country deserves better dan ini anak-anak muda yang sudah mendaftar dan sudah mendapatkan award (beasiswa) adalah mereka yang memiliki kesempatan untuk membangun Indonesia tidak hanya menjadi negara yang biasa-biasa saja,” tutur Sri Mulyani saat memberikan sambutand dalam LPDP Edu Fair 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa (31/1).

Ia mengungkapkan, sejak diluncurkan lima tahun lalu, LPDP telah memberikan beasiswa kepada 16.293 penduduk Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata-2 (S2) dan Strata-3 (S3).

Saat ini, sebanyak 10.406 penerima beasiswa (awardee) sedang menempuh pendidikan, baik di dalam dan di luar negeri.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengimbau agar calon maupun penerima beasiswa LPDP memilih universitas yang memiliki program pendidikan terbaik. Pasalnya, beasiswa LPDP dibiayai oleh uang pajak yang berasal dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Republik Indonesia tidak ingin menginvestasikan di institusi-institusi yang tidak berkualitas,” ujarnya.

Setelah lulus, Sri Mulyani berharap alumni LPDP bisa mengabdikan ilmunya untuk membangun Indonesia.

Sebagai informasi, LPDP Edu Fair 2017 digelar di tiga kota besar yaitu Jakarta pada tanggal 31 Januari 2017, Surabaya 2 Februari 2017, dan Jogjakarta 4 Februari 2017.Dalam pameran pendidikan ini, peserta bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa LPDP, universitas dari dalam dan luar negeri, dan simulasi test Toefl dan Ielts. (Ald/CNN)