by

Diguncang Gempa 7,6 SR, Chile Sempat Keluarkan Peringatan Tsunami

CHILE – Gempa berkekuatan 7.6 SR mengguncang Chile selatan, Minggu (25/11/2016) waktu setempat. Hebatnya guncangan, sempat membuat pemerintah Chile mengeluarkan peringatan tsunami sebelum akhirnya dimatikan.
“Pemerintah Chile telah mengeluarkan peringatan dan perintah evakuasi untuk warganya yang berada di area pesisir wilayah Los Lagos,” ujar pemerintahan dalam keterangan resminya seprti dilansir Reuters. “Kami memerintahkan evakuasi di area pesisir Biobio, Araucania, Los Rios, dan Aysen,” lanjutnya.
Peringatan tsunami dikeluarkan bagi mereka yang tinggal di radius 1000 kilometer dari pusat gempa, yakni sekitar 225 kilometer barat daya Puerto Montt. Sebanyak 4000 warga pun sempat mengungsi ke dataran yang lebih tinggi, untuk menghindari terjangan air jika terjadi tsunami.
“Banyak guncangan dan sangat kuat, tapi hanya itu, tidak ada kerusakan bangunan. Tidak ada rumah roboh,” kata Alamiro Vera, pemiliki Hotel Cabanas yang berlokasi di dekat pusat gempa. “Tapi kejadiannya cukup menakutkan, banyak barang berjatuhan.”
Prosedur darurat sudah dijalankan ortoritas setempat. Beberapa bangunan dan jalan rusak, namun, sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat gempa.

Sumber : http://poskotanews.com/2016/12/26/diguncang-gempa-76-sr-chile-sempat-keluarkan-peringatan-tsunami/