23-12-1968: Manusia Pertama Mencapai Orbit Bulan

Headline, Iptek157 views

Iptek – Hari ini 48 tahun lalu, misi Apollo 8 telah memasuki orbit Bulan. Misi tersebut diawaki tiga orang yaitu Frank Borman sebagai Commander, James A Lovell Jr sebagai Command Module Pilot dan William Anders sebagai Lunar Module Pilot. Misi itu menempatkan ketiganya sebagai manusia pertama yang mencapai orbit Bulan.
Dikutip dari Todayinsci, Kamis 22 Desember 2016, ketiganya menjadi manusia pertama yang melewati orbit rendah Bumi dan melihat sisi jauh dari Bulan atau sisi gelap Bulan.
Misi Apollo 8 tersebut bukan hanya menjadi penerbangan berawak pertama yang menuju dan pulang dari Bulan, tapi juga berharga bagi misi ke Bulan berikutnya. Apollo 8 menyediakan validasi banyak prosedur teknik yang dibutuhkan untuk mendukung misi ke Bulan berikutnya.
Selama mengorbit satelit Bumi selama 10 kali, tiga astronot Apollo 8 mengambil penampakan Bulan untuk menentukan penanda di daratan, menyurvei titik pendaratan. Selain itu astronot Apollo 8 juga mengambil gambar gerak dan membuat transmisi dua televisi ke Bumi.
Apollo 8 juga merupakan penerbangan berawak pertama di dunia yang bisa lepas dari pengaruh gravitasi Bumi. Misi ini diluncurkan dari Bumi pada 21 Desember 1968 dan kembali ke Bumi pada 27 Desember 1968, dengan mendarat di Samudera Pasifik.

Sumber : http://m.news.viva.co.id/news/read/862564-23-12-1968-manusia-pertama-mencapai-orbit-bulan