Serba-Serbi Investasi Penting untuk Diri Sendiri Selama Masa Pandemi

Inionline.id – Dampak pandemi Covid-19 dirasakan hampir semua golongan masyarakat. Secara global terjadi peningkatan angka pengangguran, menurunnya aktivitas sektor jasa, hingga bisnis ritel dan manufaktur. Inilah saatnya anak muda menerapkan strategi bertahan untuk menghadapi ketidakpastian termasuk soal investasi.

Menurut salah satu ahli, anak muda dengan cash flow besar harus berhati-hati dalam berinvestasi dan saat melakukan ekspansi usaha di tengah pandemi. Langkah terpenting adalah fokus terhadap kondisi masing-masing sambil memperkuat networkingresources dan modal, sehingga ketika Covid-19 berlalu nanti tiga hal tersebut bisa dimaksimalkan.

Tapi investasi bukan hanya soal uang. Saat harus di rumah saja seperti sekarang ini ada beberapa bentuk investasi lain sebagai modal untuk memperkuat skill hadapi pandemi. Apa saja ya bentuknya?

Asah Skill dengan Ikutan Kelas Online

serba serbi investasi penting untuk diri sendiri selama masa pandemi

Di era serba digital seperti sekarang ini, softskill jadi modal berharga untuk bisa tetap bertahan. Income yang diperoleh tentunya bisa diandalkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Kalau kamu sadari, di masa new normal ini ada banyak sekali lho kelas online yang diadakan untuk menambah skill para pesertanya. Jangan ragu buat ikutan karena agenda seperti itu dapat mengasah skill kamu. Dijamin bakal bermanfaat banget jika topik pembahasannya berhubungan dengan hal-hal yang disuka. Jangan ragu buat terus cari informasi ya.

Perbanyak Baca Buku atau Dengerin Podcast yang Bisa Menambah Wawasan

serba serbi investasi penting untuk diri sendiri selama masa pandemi

Selain kelas online, ada banyak juga cara seru yang bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Termasuk salah satu cara yang paling simpel adalah dengan memperbanyak baca buku dan juga rajin-rajin dengerin podcast. Buat yang hobi baca, seru juga lho buat kembali membuka buku-buku koleksi atau pergi ke toko buku juga asyik buat dilakuin. Tapi misalnya kamu termasuk orang yang auditorik, dengerin podcast aja. Cari-cari di Spotify apa topik podcast favoritmu dan selamat menikmati.

Investasi Hiburan Juga Perlu

serba serbi investasi penting untuk diri sendiri selama masa pandemi

Tak cuma soft skill dan ilmu pengetahuan, investasi dalam bentuk hiburan juga penting buat dilakukan. Makin praktis karena di masa pandemi seperti sekarang ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan langganan aplikasi streaming film favorit karena di sana kamu dapat menemukan berbagai film favorit dari dalam dan luar negeri. Atau yang juga nggak kalah seru, nonton konser online dong! Karaoke di rumah sendiri sambil nyanyiin lagu dari musisi favorit bakal jadi aktivitas yang ampuh buat mengusir stres.

Jangan Lupa Bersosialisasi

serba serbi investasi penting untuk diri sendiri selama masa pandemi

Meski interaksi sosial di masa seperti sekarang harus dibatasi, tapi bukan berarti kamu jadi nggak bersosialisasi sama sekali. Sebagai makhluk sosial, interaksi seperti itu amat penting. Jadi, sering-seringin sharing dan berbagi info sama anggota keluarga. Jangan lupa juga buat bikin agenda meet up sama teman-teman terbaik via Zoom.

Investasi Kesehatan Juga Penting

Namun kalau kamu sadari, investasi kesehatan jadi opsi paling penting yang tak boleh disepelekan lho. Misalnya dengan memiliki asuransi kesehatan tambahan seperti BPJS. Jadi jangan sampai kelupaan bayar BPJS Kesehatan secara rutin ya. Hati-hati kelupaan karena kesehatan di masa seperti sekarang jadi hal yang berharga banget.