Apakah Aman Menggunakan Masker saat Olahraga? Begini Tanggapan Dokter Spesialis Paru

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, penggunaan masker merupakan sebuah hal yang wajib dipatuhi. Penggunaan masker merupakan hal yang wajib pada semua aktivitas termasuk saat berolahraga.

Namun, banyak juga mengeluhkan tidak nyaman, sesak, bahkan membuat napas menjadi kurang lega. Kendati demikian, olahraga rutin harus dilakukan demi menjaga kesehatan.

Lantas, apakah penggunaan masker saat berolahraga aman? Dokter Desilia Atikawati Sp, P dari Rumah Sakit EMC memberikan tanggapannya soal hal itu.

“Masih cukup kontroversial ya. Ada yang memang bilang sebenarnya tak apa-apa, tapi ada juga yang merekomendasikan tidak boleh,” ujar dokter spesialis paru itu.

Bila dilihat dari dua sudut pandang tersebut, berolahraga menggunakan masker akan mencetuskan sebuah kondisi seperti melakukan kegiatan fisik di ketinggian.

“Memang kalau kita berolahraga pakai masker, kadar oksigennya agak jadi lebih turun. Banyak hoax yang bilang jangan pakai masker karena bisa menyebabkan keracunan karbon dioksida dan segala macam,” jelas dokter Desilia.

“Pada kegiatan biasa, itu tidak bisa terjadi. Namun, jika melakukan olahraga dengan intensitas sedang hingga berat, hal tersebut mungkin bisa memicu,” katanya.

Sudut Pandang Lain

Bila dilihat dari sudut pandang lain, menurut dokter Desilia, olahraga memang lebih baik tidak mengenakan masker. Hal ini juga sudah sesuai dengan anjuran dari WHO.

“Apalagi kalau olahraga intensitas sedang berat atau high impact ya. Terutama mereka yang sudah punya penyakit dasar jantung atau paru,” katanya.

Tak Efektif

Saat melakukan aktivitas fisik, sudah pasti tubuh banyak mengeluarkan keringat. Nah, jika berolahraga pakai masker, bahan dari masker tersebut otomatis akan menjadi basah.

“Masker yang basah itu sudah menjadi tidak efektif. Justru dia bisa meningkatkan transmisi virus di sana,” tandas dokter Desilia.