by

Barcelona Tertinggal dari Madrid, Setien: Kami Masih Bisa Juara

Inionline.id – Barcelona tercecer dari Real Madrid dalam persaingan gelar juara Liga Spanyol. Pelatih Barca Quique Setien belum mau mengibarkan bendera putih.

Sampai jornada 34, Barca bertengger di peringkat kedua klasemen sementara dengan perolehan 73 poin. Lionel Messi cs tertinggal empat poin dari Madrid di posisi teratas.

Sementara itu El Real sedang tampil konsisten setelah membukukan tujuh kemenangan beruntun. Di empat pertandingan sisa Madrid akan berhadapan dengan Deportivo Alaves (k), Granada (t), Villarreal (k), dan terakhir Leganes (t).

Selain Villarreal dan Granada, Alaves dan Leganes merupakan tim-tim papan bawah. Ini artinya akan sulit bagi Madrid untuk kehilangan angka. Meski begitu, Setien masih mempertahankan optimismenya.

“Sudah pasti kami masih bisa memenangi LaLiga. Secara matematika kan masih bisa,” ungkap Setien yang dilansir Omnisport. “Kami harus terus menjaga harapan sampai pekan terakhir.”

“Kami harus melihat pada apa yang kami bisa lakukan. Menang, meninggalkan perasaan senang, membuat kemajuan. Dan kalau tidak dalam situasi ini, segalanya yang kami lakukan berharga untuk yang selanjutnya [Liga Champions].”

Di empat laga terakhir, Barcelona sendiri akan menghadapi lawan-lawan yang seharusnya mudah. Dimulai dari Derby Catalonia melawan Espanyol di Camp Nou, Kamis (9/7) dinihari WIB, lalu Real Valladolid (t), Osasuna (k), dan diakhiri di kandang Alaves.

Posisi Setien di kursi pelatih Barcelona dispekulasikan terancam. Sekalipun kontraknya masih akan berlangsung sampai musim panas 2022.

Sejak didapuk menggantikan Ernesto Valverde pada Januari lalu, Setien dianggap belum memenuhi ekspektasi. Apalagi hubungan dia dengan para pemain, termasuk Messi, tidak tampak harmonis. Belakangan muncul bahwa Setien berpotensi digantikan eks pemain Barca, Xavi Hernandez.

Tentu saja, Setien masih lanjut di sini,” ujar Presiden Barca Josep Maria Bartomeu. “Saya sama sekali tidak menyesali pemecatan Valverde. Tim lagi butuh dorongan. Setien tahu DNA kami, gaya klub ini, dan sudah membawa suasana serta ide baru.”

“Para pelatih sudah pasti dinilai lewat hasil, tapi saya senang dengan perkembangan tim sejauh ini.”