Apakah Bebar Duduk Menyilangkan Kaki Bisa Sebabkan Dampak Buruk bagi Kesehatan?

Kesehatan157 views

Inionline.id – Posisi duduk merupakan hal yang harus diperhatikan karena bisa berdampak pada banyak hal. Posisi ini bisa sangat berpengaruh pada kesehatan tulang dan banyak hal lainnya.

Posisi duduk yang tidak tepat, bisa berujung pada munculnya masalah kesehatan. Salah satu posisi duduk yang biasa kita lakukan saat santai namun bisa berdampak buruk adalah menyilangkan kaki.

Selain masalah pada postur, banyak orang menyangka bahwa posisi duduk ini bisa berdampak pada kesehatan dalam bentuk berbeda. Sayangnya beberapa pandangan ini ternyata hanya mitos semata.

Sejumlah dampak kesehatan ini ada yang memang terbukti dan ada yang tidak terbukti. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah dampak kesehatan yang bisa muncul dari kebiasaan duduk menyilangkan kaki.

Tekanan Darah Tinggi

Dua penelitian yang telah diterbitan sebelumnya mengungkap bahwa duduk dengan kaki menyilang bisa membuat tekanan darah naik. Walau begitu, kenaikan yang muncul pada tekanan darah ini ternyata hanya sementara.

Varises

Selama ini, telah dipercaya bahwa duduk menyilangkan kaki bisa berujung varises. Namun ternyata hal ini tidak terbukti kebenarannya. Masalah ini tidak berhubungan dengan postur duduk dan biasanya dialami oleh mereka yang duduk atau berdiri dalam waktu lama.

Kehamilan

Pose duduk menyilangkan kaki tidak memiliki dampak berbahaya bagi wanita hamil dan tidak bakal menyakiti janin. Walau begitu, kamu bisa mengalami nyeri sendi, otot tegang, atau sakit punggung. Hal ini terjadi karena di dalam perutmu terdapat janin sehingga terjadi perubahan internal.

Nyeri Lutut dan Sendi

dan sendi

Nyeri sendi bisa disebabkan karena sejumlah alasan seperti cedera, radang sendi, atau masalah keseahtan lain. Pada ksus langka tertentu, duduk menyilangkan kaki bisa menyebabkan masalah lutut atau sendi. Lebih lanjut, ketika kamu mengalami masalah ini, duduk dalam posisi ini untuk waktu lama bisa memperburuknya.

Walau beberapa mitos tak terbukti, namun duduk dalam postur yang tepat sebaiknya dilakukan untuk mencegah munculnya masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, duduk menyilangkan kaki ini sebaiknya memang tidak dilakukan.