Selama Masa Pandemi Polri Sebut Angka Kejahatan Jalanan Naik

Inionline.id – Kepala Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono mengatakan kejahatan jalanan meningkat selama masa pandemi virus corona atau periode Maret hingga April 2020. Meski dalam rentang periode itu kejahatan secara umum menurun.

“Kalau kita catat dari kejahatan pada periode Maret dan April terjadi penurunan 19,9 persen. Dari data penurunan tersebut ada beberapa catatan yaitu kenaikan angka kejahatan jalanan secara kualitas dan kuantitas,” kata dia dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (6/4).

Namun demikian Argo tak menjelaskan rinci angka kenaikan kejahatan jalanan tersebut. Ia hanya menyebut kejahatan jalanan yang meningkat selama pandemi Covid-19 di antaranya penjambretan, perampokan, pencurian kendaraan bermotor hingga pembongkaran minimarket.

“Jadi dengan itu, kami dari kepolisian memberdayakan petugas-petugas keamanan. Artinya, hampir setiap perumahan, kawasan, itu ada yang jaga di sana. Kita manfaatkan orang-orang tersebut untuk membantu pengamanan dan memberi rasa aman kepada warganya,” kata dia.

Selain itu, ia mengatakan, bersama dengan TNI, Polri pun melakukan patroli setiap hari untuk mencegah kejahatan.

“Kami lakukan patroli bersama dengan TNI, harapannya kehadiran Polri dan TNI di lapangan, kesempatan pada pelaku kejahatan akan mengurungkan niatnya,” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *