by

Masa Jaga Jarak Menjadi Waktu Ajarkan Hidup Bersih dan Sehat pada Anak

Inionline.id – Masa physical distancing seperti sekarang membuat waktu yang dihabiskan anak dengan orangtua menjadi meningkat. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengatakan bahwa dengan adanya pandemi COVID-19, orangtua dapat mengajarkan anak untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Rita Pranawati, Wakil Ketua KPAI mengatakan bahwa orangtua bisa memulai mengajarkan anak dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan benar, mengganti baju dan mandi usai bepergian, serta bersin dengan cara yang benar.

“Selain itu, membiasakan pola makan sehat dan gizi seimbang juga bagian dari menjaga kesehatan. Olahraga dan berjemur tanpa harus bereksplorasi di luar juga penting dilakukan anak-anak,” kata Rita.

Di sisi lain, KPAI juga meminta agar orangtua bisa menjelaskan soal situasi pandemi COVID-19 kepada anak-anak sesuai usianya, agar mereka merasa tenang dan tidak panik.

Orangtua Harus Kompak

KPAI menyatakan bahwa dengan berkumpulnya orangtua dan anak di rumah, orangtua perlu kreatif dalam menjaga situasi kondusif agar anak merasa nyaman di rumah.

Di sini, orangtua perlu sadar bahwa momen ini juga menjadi wadah bagi mereka untuk memperkuat kembali komunikasi dengan anak secara terbuka, menjadi pendengar yang baik, melatih anak keterampilan mengurus diri dan pekerjaan rumah sehari-hari, serta mendampingi mereka menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

“Ayah dan ibu perlu saling dukung bersama dan mendampingi anak, serta mengurus pekerjaan rumah tangga,” kata Rita.

“Kebersamaan dan kekompakan orangtua akan memberi efek positif bagi kenyamanan dan keceriaan anak-anak di rumah selama pandemi COVID-19,” ujarnya menambahkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.