RS EMC Sentul Gandeng Yayasan Alpha Omega Gelar Operasi Katarak Gratis

Kesehatan357 views

 Bogor, Inionline.Id – RS EMC Sentul bekerjasama dengan Alpha Omega menggelar bakti sosial operasi katarak secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu, total kuota yang disediakan pada kegiatan kali ini sebanyak 50 orang. Tindakan operasi katarak akan dilakukan pada hari Selasa (18/02/2020).

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam setahun 2 – 3 kali pelaksanaan yang diselenggarakan oleh RS EMC Sentul dengan harapan berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang mengalami katarak agar dapat  hidup nyaman dan bahagia. Selain operasi katarak pada tahun sebelumnya RS EMC Sentul melakukan bakti sosial operasi hernia dan bibir sumbing.” ujar Direktur RS EMC Sentul Dr. G.A Kusmiati, MARS.

Para pasien katarak yang dijaring oleh Alpha Omega berasal dari masyarakat kurang mampu. Pesien yang mengalami katarak melakukan screening tensi, gula darah dan cek visual terlebih dahulu untuk menentukan apakah dapat dilakukan tindakan operasi.

Syarat menjadi peserta program ini antara lain adalah penderita katarak dan dalam kondisi sehat. Dan juga wajib menyerahkan foto copy KTP, KK dan Surat Keterangan Keluarga Tidak Mampu.

Dr Rosari selaku dokter yayasan Alpha Omega menjelaskan bahwa tujuan utama yayasan mengobati para penderita katarak itu apa adalah untuk menolong masyarakat yang kurang mampu agar dapat melihat, dan bahkan dapat melakukan aktivitas/produktif serta memberantas buta katarak.

“Sejak 2010 kami sudah menggelar kegiatan seperti ini di sulawesi, kalimantan, sumatera, jawa barat, jawa tengah, dan beberapa daerah lainnya,” ujar Rosari.

Dengan menggunakan metode SICS (Small Incision Cataract Surgery) yayasan alpha omega berharap agar penderita katarak banyak yang tertolong dan dapat melihat kembali menurunkan angka buta katarak di Indonesia.

Dana selaku pasien asal Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor mengungkapkan rasa bahagianya ketika menerima pengobatan katarak gratis ini.

“Ya saya harap program seperti ini bisa terus ada kedepannya,” tutup Dana. (JC)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *