by

Startup Binaan SBM ITB Bertemu dengan 8 Venture Capital

Inionline.id – Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) mengadakan The Greater Hub (TGH) Startup Pitching Day 2019. Ini merupakan penutup rangkaian program The Greater Hub Batch VII , 2019. Internal pitching event untuk batch Tenants di greater hub ini sekaligus final program untuk mempertemukan startup pilihan dengan Ventura Capital (VC).

Menurut Dekan SBM ITB, Sudarso K Wiryono, kegiatan ini memberikan peluang pitching kepada 15 early stage startup yang merupakan current tenant program inkubasi The Greater Hub 2019. SBM-ITB juga mengundang 8 Ventura Capital (VC) sebagai tim penilai dan 15 startups binaan  SBM-ITB  yang akan presentasi.

“Startup ini merupakan tenant terpilih dari total 35 startup yang menjalani  program inkubasi,” ujar Sudarso kepada wartawan di The Greater Hub Incubator, Kampus SBM ITB, Kota Bandung, Jumat (6/12)

Soedarso mengatakan, kegiatan ini juga merupakan ajang networking antara sesama startup dan VC dan salah satu implementasi bentuk kerja sama  bersama institusi dalam mengembangkan ekosistem entrepreneurship.

“Sedangkan, bagi para inkubator sebagai langkah awal evaluasi sehingga bisa diketahui kekurangannya dan segera diperbaiki,” katanya.

Menurutnya, saran atau kritik dari berbagai pihak terutama VC dan investor maupun lembaga lain sangat diperlukan untuk membangun startup tersebut. “Kalau kita melihat didalam rasanya sudah bagus tapi mungkin kenyataannya belum cukup,” kata Sudarso.

Soedarso menilai yang bisa memahami keunggulan suatu produk seperti layanan dan yang akan dikembangkann adalah inkubator itu sendiri.

“Sedangkan untuk para VC. Ini satu kerja sama yang baik yang terus menerus kita lakukan. Meski dalam setahun hanya dilakukan dua kali yakni Juli dan Agustus,” katanya.

Dina Dellyana, Director The Greaterhub SBM ITB menambahkan, ke 8 VC ini diharapkan akan tertarik untuk membiayai beberapa startup yang pitching hari ini.

“Adapun para VC ini ada yang berfokus dari pendanaan seed hingga series A,” katanya.

Sedangkan seed funding, kata dia, biasanya mencakup pembiayaan dari 1-5 miliar rupiah, pre series A antara 5 M rupiah hingga 1 juta dolar, dan series A 1 juta dolar keatas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.