Pengembangan Akademik dan Program Akselerasi Layanan Pendidikan Meningkatkan Kualitas SDM

Pendidikan257 views

Inionline.id – Mengusung visi misi meningkatkan kualitas Sumber Daya Mansuia (SDM) daerah, dengan melalui pengembangan akademik dan program akselerasi layanan pendidikan. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menghadirkan serangkaian program pembinaan yang terdiri dari penguatan tenaga pendidik dan kependidikan, kelembagaan, sarana dan prasarana, hingga kompetensi output pelajar.

Hal tersebut didiukung dengan adanya program Bupati Bogor yakni, lima Pancakarsa yang terdiri dari Bogor Cerdas, Bogor Maju, Bogor Sehat, Bogor
Membangun, dan Bogor Berkeadaban. Dengan adanya program tersebut, di tahun 2019 Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sudah melakuan berbagai kegiatan yang berkaitan pada Program Pancakarsa.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor memiliki tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan tugas pembantuan, hal itu tertuang dalam Peraturan Bupati Bogor Nomor 45 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Pendidikan. Adapun fungsi Dinas Pendidikan sebagaimana perbub tersebut yakni :

1.perumusan kebijakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

2.pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

3.pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

4. pelaksanaan administrasi dinas.

5.pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugasnya.

Dalam perbup di atas, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor di pimpin oleh seorang kepala dinas dengan di bantu oleh 5 (lima) orang pejabat eselon 3, yaitu:

a) satu orang sekretaris, dibantu oleh tiga orang kepala sub bagian.

b) empat orang kepala bidang, masing-masing kepala bidang di bantu oleh tiga orang kepala seksi.

Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Adapun rumusan visi dalam perda tersebut adalah Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, maka pemerintah Kabupaten Bogor menetapkan lima Pancakarsa, dan tiga satu dari lima misi tersebut yakni, Bogor Cerdas, Bogor Berkeadaban, dan Bogor Membangun. Dimana program tersebut dijalankan Dinas Pendidikan sebagai penguatan layanan edukasi yang menyeluruh, efektif, dan berkualitas bagi masyarakat daerah.

PROGRAM

Sebagai bentuk optimalisasi dan mendukung program Bupati Kabupaten Bogor dalam menerapkan Pancakarsa. Dinas Pendidikan melakukan serangkaian kegiatan dalam bentuk program baik yang meliputi lima Pancakarasa. Dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan, serta kompetensi edukasi bagi masyarakat daerah. Adapun program yang dilakukan mulai dari pembangunan fasilitas vital penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tidak sebatas pada fisik, Dinas Pendidikan juga melakukan akselerasi dalam penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan.

Dalam mendukung program Pancakarsa Bogor Membangun. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, melakukan pengembangan sarana fisik untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 2019 yang meliputi 24 jenis kegiatan dengan total anggaran Rp.344.907.476.588

1. JENJANG SD

2. JENJANG SMP

Selain pengembangan dalam bentuk pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor juga melakukan penguatan bagi program pendidikan secara menyeluruh yang bersifat kelembagaan, akademik dan non akademik.

JUMLAH LEMBAGA

Adapun jumlah lembaga yang tercatat saat ini di Dinas Pendidikan meliputi, jenjang Pendidikan Non Formal, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama.

Dalam penerapan program Pancakarsa Bogor Berkeadaban. Dinas Pendidikan melakukan penggalakan beberapa kegiatan pembinaan yang meliputi pengembangan berkonsepkan pembiasaan karakter budi pekerti serta benuansa kebudayaan. Hal terebut dilakukan agar para peserta didik, bisa memahami nilai-nilai sosial.

Pengembangan dalam bidang kesehatan juga dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Dimana tujuannya teronsep pada penerapan Pancakarsa Bogor Sehat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan baik bagi diri pelajar, lingkungan, hingga membenahi kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Pemercepatan aneka inovasi dalam dunia pendidikan juga terus dilakukan Dinas Pendidikan, selain untuk mendukung program Pancakarsa Bogor Maju. Rangkaian program trobosan juga dilakukan untuk peningkatakan akselerasi kualitas pendidikan dengan harapan tercapainya visi misi Kabupaten Bogor menjadi wilayah termaju se-Indonesia.

PRESTASI

Sebagai hasil pembinaan baik dalam bidang akademik dan non akademik. Terdapat output prestasi yang diraih para peserta didik, ataupun lembaga. Dimana beberapa prestasi tersebut yakni :

1. Juara I Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional yang diraih, Kepala TK Penabur Gunungputri, Sri Lestari.

2. Juara I Tingkat Nasional Hantaran Pengantin yang diraih, LKP Viderista , Kecamatan Cisarua, atas nama Vivi Elviana.

3. SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibubur, Kecamatan
Cileungsi. Memenangkan tiga katagori dalam kejuaraan Science adn Engineering Fair yang diadakan di Korea.

4. Juara I MHQ SD tinggat Nasional, yang diraih Arifatul Ulfiyyah Alhajqiyyah murid SDN Balekambang, Kecamatan Jonggol.

5. Dua Siswa dari SD Taruna Bangsa, Kecamatan Babakan Madang dan Al Azhar 27 Cibinong, mewakili Indoensia dalam ajang Olimpiade Sains Internasional di Hanoi, Vietnam yang diraih atas nama, Muhammad Zayyan Fairuz dan Rakha Aziztama Adinindya.

ANGGARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *