globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

5 Waktu Terbaik Makan Buah Supaya Badan Tetap Ideal dan Sehat

Inionline.id – Buah telah dikenal sebagai asupan kaya nutrisi yang bisa mencegah berbagai penyakit. Salah satu kandungannya adalah flavanoid dan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Dikutip dari situs New Delhi Television Limited (NDTV), buah sebetulnya bisa dikonsumsi kapan saja. Namun ada saat-saat tertentu yang bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi sehingga tubuh tetap ideal dan sehat. Berikut 5 waktu terbaik makan buah.

1. Pagi hari

Makan buah dan air putih sangat disarankan sebagai menu sarapan, yang dikonsumsi saat perut kosong. Kandungan gula dan nutrisi lain mampu mencukupi kebutuhan tubuh, menekan risiko peradangan, dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Antara waktu makan

Buah sangat disarankan sebagai menu ngemil di antara waktu makan. Kandungan serat dan gula sederhana membantu tubuh mengendalikan rasa lapar hingga waktu makan tiba.

“Berbagai jenis buah yang minim kalori, kaya sodium, potasium, dan mineral lain adalah menu ngemil terbaik. Kandungan nutrisi dalam buah melindungi tubuh dari efek lapar mata,” kata ahli nutrisi Dr Roopali.

3. Setengah jam sebelum dan setelah makan

Para ahli menyarankan memberi waktu 30 menit antara konsumsi buah dan makanan pokok. Jeda waktu berlaku sebelum dan setelah makan besar.

Bagi penyandang diabetes, jeda waktu adalah dua jam setelah makan besar dan satu jam sebelum konsumsi hidangan pokok. Jeda waktu memungkinkan buah diolah dengan baik dan nutrisinya diserap tubuh.

4. Sebelum dan setelah olahraga

Konsumsi buah sebelum olahraga memberi cukup energi untuk melakukan semua latihan fisik. Sementara, makan buah setelah olahraga bisa mengganti semua energi yang digunakan saat olahraga.

“Bagi yang rajin olahraga, sangat disarankan makan pisang atau mangga sebelum dan setelah latihan fisik. Keduanya memberi cukup energi dan elektrolit sesuai kebutuhan tubuh,” kata Dr Roopali.

5. Jangan dilakukan sebelum tidur

Ahli nutrisi Pooja Makhija mengingatkan satu momen yang harus dihindari saat makan buah. Momen tersebut adalah sesaat sebelum tidur yang bisa berdampak buruk pada tubuh.

“Jangan makan apa pun sebelum tidur karena berisiko mengganggu istirahat. Kandungan gula meningkatkan energi yang mengakibatkan tubuh kesulitan tidur dan istirahat,” kata Makhija.

Check Also

6 Manfaat Almond untuk Kesehatan

Inionline.id – Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Meski …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *