globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Risiko Tidur Kurang dari 6 Jam Setiap Malam

Inionline.id – Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim dari Pennsylvania State College of Medicine, AS menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam beresiko lebih besar untuk mengalami kematian dini akibat penyakit kronis. Dalam penelitian ini, sebanyak 16 ribu orang dewasa yang berusia antara 20 hingga 46 tahun dilibatkan.

Tim peneliti kemudian mempelajari kesehatan mereka selama 20 tahun. Hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association mengungkapkan bahwa individu dengan kondisi tekanan darah tinggi atau diabetes tipe 2, dua kali lipat lebih mungkin terkena serangan jantung atau strok fatal jika mereka tidur kurang dari enam jam semalam.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan mudah lupa, stres, dan suasana hati yang kurang bahagia. Selain itu, ada resiko obesitas, diabetes, dan masalah pernapasan yang mengelilingi orang-orang dengan pola tidur kurang dari enam jam semalam.

Penelitian ini juga menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam mengalami peningkatan risiko individu dengan penyakit jantung serta riwayat strok, yang pada akhirnya mengarah pada kanker. Namun, penulis utama studi sekaligus psikolog Julio Fernandez-Mendoza menggarisbawahi bahwa bukan berarti waktu tidur yang singkat selalu memicu kanker.

“Tetapi, kita tahu bahwa orang dengan penyakit jantung lebih mungkin memiliki masalah kekebalan tubuh dan mengembangkan kanker,” ujar Mendoza dilansir The Independent, Jumat (4/10).

Mendoza juga menuturkan bahwa ada hubungan erat antara tidur dan sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang kurang tidur menurutnya memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi.

Ia mengatakan, ada banyak bukti menunjukkan mereka di usia dewasa atau usia paruh baya, yang memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti hipertensi atau bahkan diabetes, memiliki risiko lebih besar untuk akhirnya terserang kanker.  Sebuah studi pada 2018 juga menemukan rata-rata orang yang tinggal di Inggris tidur selama  5,78 dan 6,83 jam dalam semalam.

Jumlah tidur yang disarankan per malam untuk orang dewasa sebenarnya adalah antara tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.

Check Also

Teh Hijau Dapat Melawan Bakteri dan Diabetes

Inionline.id – Teh hijau dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Teh asal Republik Rakyat Tiongkok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *