globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Kenali Tanda-Tanda Gigi Berlubang

Inionline.id – Terdapat sejumlah tanda penyakit pada gigi berlubang. Tanda-tanda ini tak bisa didiamkan begitu saja. Meski tak ke dokter gigi, anda dapat mengetahui sekilas penyakit apa yang diderita jika melihat tanda-tandanya.

“Penyakit gigi berlubang itu ya seperti ada lubang di gigi anda,” kata juru bicara Asosiasi Dokter Gigi Amerika, Tricia Quartey seperti dilansir dari Womens Health Mag.

Memang terdengar menakutkan. Tapi sebenarnya mudah ditangani dengan prosedur restorasi gigi. Jadi, bagaimanakah tanda-tanda penyakit gigi berlubang?

Ketika gigi berlubang, gigi akan terasa sakit. Penyakit ini biasanya disebabkan kerusakan akibat asam. Asam bisa merusak enamel gigi seiring waktu. Kerusakan pun secara perlahan terjadi. Proses kerusakan gigi ini biasanya menyakitkan.

Kemudian, gigi terasa sensitif. Jika anda punya gigi sensitif sejak lahir maka hal ini biasa saja. Tapi jika gigi anda baru-baru ini terasa sensitif terhadap makanan dingin, manis atau panas maka bisa saja disebabkan oleh gigi berlubang.

Lantas, bagaimana pencegahannya? Selalu ada alasan mengapa sejak kecil orang tua selalu menyuruh anaknya sikat gigi minimal dua kali setiap hari. Sayangnya, banyak orang lupa sikat gigi di malam hari.

“Air liur itu protektif. Air liur membantu menetralisir apa yang ada di mulut. Cara kerjanya mirip berkumur,” kata dokter Quartey.

Proses ini, kata dia menurun selama tidur di malam hari. Alhasil, semua bakteri di mulut bisa saja menyerang gigi. Menurutnya, sikat gigi saja tidak cukup. “Sikat gigi cuma mengurangi 30 persen kotoran di gigi,” sebutnya.

Ia menyebut ada sejumlah cara mengurangi penimbunan asam di gigi. Salah satunya menggunakan sedotan saat minum. Sehingga cairan minuman tak sampai menyentuh gigi. “Dan jika anda minum wine, soda, yang asam-asam, lanjutkan dengan minum air putih untuk menetralkan,” sebutnya.

Sayangnya, tidak ada cara memulihkan gigi berlubang. Sekali struktur gigi hilang karena lubang maka struktur gigi tak bisa normal lagi. Solusinya hanya prosedur pemulihan gigi secara menyeluruh. Tidak ada kata terlambat, bahkan jika anda punya rekam jejak gigi berlubang, mulailah dengan membersihkan mulut secara rutin.

Check Also

Teh Hijau Dapat Melawan Bakteri dan Diabetes

Inionline.id – Teh hijau dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Teh asal Republik Rakyat Tiongkok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *