Mengungkap Rahasia Membuat Pizza yang Sempurna di Rumah

Kuliner457 views

Inionline.id – Mereka yang suka memasak, tentu sering membandingkan hidangan buatan sendiri dengan yang disajikan di restoran. Tujuannya sebagai parameter kesempurnaan yang sebenarnya.

Namun, bagaimana dengan pizza? Banyak orang menyerah dengan makanan khas Italia ini. Kabar baiknya bagi semua juru masak rumahan adalah bahwa rahasia pizza yang dipanggang sempurna terungkap. Anda pun bisa membuatnya di rumah.

Sebuah penelitian oleh seorang antropolog dan fisikawan telah membuat ini terjadi. Peneliti Andrey Varlamov yang berbasis di Roma dan Andreas Glatz dari Northern Illinois University telah menemukan rahasia di balik pizza yang dipanggang sempurna dan itu sangat menarik dan mudah diimplementasikan.

Lalu, apa rahasia di balik pizza yang dipanggang sempurna? Selama ini pizza terasa sempurna karena keajaiban mozzarella. Tetapi rahasia untuk pizza yang dipanggang sempurna terletak pada ‘termodinamika’.

Menurut sebuah penelitian, restoran/ kafe memanaskan oven tradisional berbahan bakar kayu pada suhu 625 derajat Fahrenheit (329 derajat Celcius) yang memancarkan panas secara merata ke segala arah, memanggang pizza secara seragam. Secara teknis, pizza harus dimasak sedikit lebih lama dari waktu yang ditentukan.

Bagaimana melakukannya di rumah? Seperti dilansir Times Of India, berdasarkan para ahli, Anda dapat melakukan hal yang sama di oven listrik biasa. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah persamaan memasak. Pertama-tama, panggang basa di 450 derajat Fahrenheit (230 derajat Celcius) dan pastikan Anda memanggang pizza sedikit lebih lama (4-5 menit) dari durasi yang ditentukan.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa, jawabannya terletak pada cinta Anda untuk topping. Topping sayuran mengandung banyak air yang mendinginkan oven melalui penguapan. Jadi, jika Anda berencana untuk memiliki banyak paprika dan bawang, Anda mungkin harus memasak pangkalan Anda sedikit lebih lama.

Inilah rahasianya membuat pizza seperti restoran. Jadi, kenakan topi koki Anda, siapkan bahan-bahannya dan mulailah membuat pizza untuk keluarga tercinta, khususnya di momen libur ini. Pastikan bahannya seimbang, jika tidak, trik durasi memasak tambahan bisa merusak hidangan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *