Arepa, Roti yang Diprediksi Akan Menjadi Tren Kuliner Terbaru

Kuliner157 views

Inionline.id – Nama arepa boleh jadi terdengar asing. Tapi, makanan satu ini diprediksi bakal jadi tren kuliner baru lantaran rasa yang enak, murah, dan sehat.

Arepa merupakan hidangan roti yang menjadi makanan pokok di Venezuela dan Kolombia sejak berabad-abad lalu. Arepa memiliki tekstur yang garing di bagian luar, tapi lembut di bagian dalam. Makanan ini kini tengah populer di Inggris dan negara Eropa lainnya.

Arepa terbuat dari tepung jagung giling yang sudah dimasak di dalam air dan dikeringkan.

Racikan arepa lalu diolah menjadi roti burger, dipanggang, digoreng, direbus, atau dikukus. Arepa juga dapat dikombinasikan dengan apa saja seperti daging, keju, sayuran, hingga kacang-kacangan.

“Ia (arepa) seperti sandwich yang enak,” kata pemilik bisnis street food Yakumama, Hannah Lovett, dikutip dari The Independent. Yakumama banyak melayani katering makanan dari Amerika Latin untuk berbagai acara seperti pernikahan dan festival.

Lovett menyajikan arepa berisi paha ayam, acar bawang merah dan mangga yang gurih. Ada pula arepa berisi pisang raja, kacang hitam, jamur tiram, dan tahu yang renyah.

“Orang-orang selalu mencari makanan baru dan menarik. Ditambah lagi, masakan Venezuela dan Kolombia masih tergolong belum tereksplor,” pemilik warung makan jalanan yang menjual arepa di Inggris, Brett Heyneman.

Heyneman menyebut banyak orang yang kini mencari arepa dan membuat penjualan kuliner ini melonjak. Menurut Heyneman, popularitas arepa meningkat karena panganan ini 100 persen bebas gluten serta cocok untuk kaum vegan dan vegetarian yang juga sedang menjamur.

Di sisi lain, arepa juga memiliki harga yang terjangkau.

“Saya pikir beberapa alasan mengapa arepa populer karena rasanya enak dan menyenangkan untuk dimakan. Arepa juga sederhana, autentik, dan harga yang terjangkau,” kata pemilik restoran Peru LIMA, Gabriel Gonzales.

Keunggulan arepa diprediksi membuat kuliner ini bakal jadi tren di dunia. Bukan tak mungkin sebentar lagi, arepa banyak dijumpai di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *