Terkait Kertajati Aerocity, Dewan Jabar M Ichsan Minta Pemprov Koordinasi dengan DPRD

Antar Daerah257 views

Bandung, Inionline.id – Promosi Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja kepada para investor di ajang The 3rd West Java Investment Summit di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis (21/10/21), mendapat tanggapan dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin.

Point yang mendapat perhatian adalah pernyataan Sekda Jabar terkait Kertajati Aerocity. Pasalnya wilayah industri seluas 3,480 hektare di Kabupaten Majalengka ini memiliki jumlah investasi mencapai 1,2 miliar rupiah.

M Ichsan mengaku belum mengetahui secara detail mengenai Kertajati Aerocity namun mengenai jalan tol Cisumdawu dirinya paham dan menjelaskan bahwa terowongannya sudah selesai dibangun.

“Kita berharap Pemprov ada koordinasi dengan DPRD, karena itupun ditunjang dengan dorongan, sesuatu halĀ  yang memang diinginkan tidak hanya melulu bahwa anggaran itu mengandalkan pendapatan daerah,” ujar M Ichsan, Jum’at (22/10/2021).

Menurut legislator asal Kabupaten Bogor ini, dengan adanya pembangunan Kertajati Aerocity mungkin saja, namun Komisi IV belum mengetahui akan ada dorongan sehingga aktivasi dari bandara tersebut kemudian akan menjadi titik acuan sarana strategi untuk Jawa Barat karena memang diawal ketika periode Gubernur sebelumnya bahwa penerbangan BIJB itu salah satu bandara yang diunggulkan di Jawa Barat.

“Sebetulnya luasan yang tersedia itu BIJB lebih luas ketimbang dengan landasan bandara yang lain, termasuk juga Nusawiru yang kemudian akan direncanakan, tetapi BIJB memang sudah siap sebetulnya sehingga disupport berikutnya,” kata M Ichsan.

BIJB pun memiliki akses yang bisa menjadi alternatif penerbangan, ditengah saat ini penerbangan mulai dibuka, berbeda dengan satu tahun yang lalu memang tidak bisa terlihat pararel antara pembangunan dengan penanganan Covid-19.

“Semoga saja jika memang seperti itu kitapun bisa mendorong untuk kebaikan Jawa Barat lebih populer dan lebih accessible,” pungkas M Ichsan.