Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Bergotong-royong, Bangkit dan Menang Lawan Pandemi

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Hari ini merupakan Hari Kebangkitan Nasional. Di Hari Kebangkitan Nasional ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap semangat menghadapi pandemi virus Corona, yang berlangsung lebih dari setahun.

Pernyataan Jokowi di Hari Kebangkitan Nasional itu disampaikan melalui akun Twitter dan Instagramnya, Kamis (20/5/2021). Jokowi turut mengunggah gambar orang dengan berbagai pakaian adat.

“Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang membendung segala dampaknya,” kata Jokowi.

Seperti semangat Budi Utomo, Jokowi mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan pandemi COVID-19. Selain itu, juga untuk bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju.

“Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Seperti diketahui, Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Harkitnas ditetapkan berdasarkan hari berdirinya Boedi Oetomo (B0) pada 20 Mei 1908. Budi Utomo adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan, tetapi tidak bersifat politik.

Budi Utomo merupakan organisasi bentukan sejumlah mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Arsten) pada 1908.

Sejumlah tokoh yang turut mendirikan organisasi ini antara lain, Dr Soetomo, Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo, Gondo Soewarno, Soelaiman, Angka Prodjosudirdjo, M. Soewarno, Moehammad Saleh, dan RM. Goembrek. Namun ada satu sosok yang berperan penting dan menginspirasi, dr. Wahidin Soedirohusodo, yang juga alumni STOVIA.