Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan, Berikut ini Posisi Tidur Terbaik

Kesehatan657 views

Inionline.id – Pernah merasa tak nyaman saat bangun tidur gara-gara posisi tidur yang salah?

Lalu mana yang jadi favorit kamu setiap kali tidur? Tengkurap, terlentang, atau menghadap salah satu sisi? Memang ini semua personal, tapi lebih dari itu, bisa berdampak pada kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa cara Anda menghabiskan 7 hingga 8 jam semalam dapat berdampak 24/7 pada kesehatan Anda. Para ahli tidur mempertimbangkan berbagai posisi dan potensi manfaat dari masing-masing posisi.

Manfaat Posisi Tidur Berpengaruh Pada Kesehatan

1. Terlentang

Dapat mengurangi nyeri punggung, leher, dan bahu

“Posisi ini membantu menjaga punggung dan leher tetap sejajar,” kata Devin Burke, pendiri Sleep Science Academy di Delray Beach, Florida, dan penulis The Sleep Advantage: Optimize Your Night to Win Your Day. Untuk meredakan nyeri punggung tambahan, coba letakkan bantal di bawah lutut agar lebih nyaman.

Dapat menenangkan mata kering

Sebuah studi kecil tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Cornea menemukan bahwa mereka yang menderita mata kering lebih cenderung tidur miring atau tengkurap daripada telentang.

Salah satu penjelasan yang mungkin adalah ketika kita berbaring telentang, mata kita menekan bantal, sehingga dapat menekan kelenjar yang menghasilkan air mata alami.

Bisa membantu mencegah keriput

Anda pernah mendengar bahwa tidur bermanfaat bagi kulit(itulah mengapa mereka menyebutnya istirahat kecantikan), tetapi jika menyangkut kulit Anda, cara Anda tidur juga penting.

Saat kita berbaring telentang, gravitasi adalah sahabat Anda, dan menjadikan kulit kita bagus dan halus. Tidur menyamping dan tengkurap dapat menyebabkan tekanan yang dapat menyebabkan kerutan dan kita tidak hanya berbicara tentang bekas lipatan pada sarung bantal Anda.

2. Di sisi samping

Dapat memperbaiki apnea tidur

Tidur menyamping membantu menjaga saluran udara tetap terbuka dan memudahkan pernapasan;

Sebaliknya, tidur terlentang membuat otot-otot di tenggorokan bagian atas menjadi rileks, sehingga menyulitkan oksigen untuk mencapai paru-paru dan memperburuk apnea tidur obstruktif (bersama dengan mendengkur yang biasa ), kata Abhinav Singh, direktur dari Indiana Sleep Center dan pakar tinjauan medis untuk Sleep Foundation.org.

Dapat meringankan masalah pencernaan dan mulas

Menurut sebuah penelitian kecil yang baru-baru ini diterbitkan dalam The American Journal of Gastroenterology,tidur miring ke kiri memungkinkan Anda membuang kelebihan asam lambung dengan lebih efisien dibandingkan posisi lain, sehingga mengurangi nyeri maag.

Mungkin bisa mencegah Alzheimer

Mengutip Real Simple, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian,sebuah studi tahun 2015 di Stony Brook University di New York menunjukkan bahwa tidur menyamping paling efektif menghilangkan ‘limbah’ dari otak, yang berkontribusi terhadap penyakit Alzheimer.

3. Tengkurap

Dapat mengurangi dengkuran dan apnea

Itu kabar baiknya. Kabar buruknya bagi orang yang tidur tengkurap adalah posisi tersebut juga dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan punggung-sesuatu yang perlu diingat jika itu adalah cara favorit Anda untuk tidur sebentar.