Jokowi Beri Mobil Listrik ke SMK untuk Praktik Saat Kunker ke Sulbar

Berita657 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memfasilitasi mobil listrik untuk kebutuhan praktik para pelajar di SMK 1 Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

SMK 1 Ranggas itu adalah salah satu yang terdampak gempa Mamuju pada 2021 silam. Jokowi mengatakan mobil listrik yang diserahkan ke SMK itu adalah untuk keperluan praktik, bukan sebagai kendaraan operasional.

“Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai,” kata Jokowi usai meresmikan infrastruktur rekonstruksi di lapangan upacara SMK 1 Rangas, Selasa (23/4).

Jokowi mengatakan fasilitas pembelajaran praktik berupa mobil listrik itu adalah atas permintaan dari kepala sekolah serta gubernur dan bupati setempat dalam upaya memperluas wawasan pelajar atas capaian teknologi transportasi mutakhir saat ini.

Jokowi mengatakan SMK 1 Rangas merupakan salah satu dari 147 unit infrastruktur yang telah direhabilitasi dan direkonstruksi oleh pemerintah pusat pasca-gempa bumi yang melanda Sulbar pada15 Januari 2021.

Dalam proyek tersebut pemerintah telah melengkapi bangunan sekolah itu dengan ruang praktik ilmu otomotif. Tapi Presiden Jokowi menyebut bahwa objek praktik yang tersedia berupa mobil manual.

“Tadi ada permintaan, karena di tempat praktik yang ada hanya mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik, sehingga perlu praktik di dalam mobil listrik itu isinya apa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi pun berjanji akan mempertimbangkan ajuan pihak sekolah yakni asrama bagi penginapan siswa yang bertempat tinggal jauh dari SMK tersebut.

Berdasarkan laporan pihak sekolah, kata Presiden Jokowi, ketiadaan asrama di lingkungan itu telah menyebabkan para siswa harus tinggal di tempat penyewaan indekos.

“Tapi tadi Pak Kepala Sekolah menyampaikan ke saya, Pak ini masih kurang, anak-anak butuh asrama karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah sehingga harus banyak yang tersebar ngekos di sekitar sekolah,” katanya.

Presiden Jokowi pun merestui permintaan itu dan menjanjikan akan membangun asrama melalui koordinasi dengan sejumlah otoritas terkait.

“Ya, nanti akan kita bangun asramanya,” kata Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kemudian terlihat pula Pj Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrulloh dan Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suradi.