Jasa Marga Menyebut 48 Persen Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabodetabek

Headline, Nasional757 views

Inionline.id – Subakti Syukur Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebut masih ada sekitar 48 persen kendaraan yang diprediksi belum kembali ke wilayah Jabodetabek.

“Kami perkirakan masih sekitar 907 ribu kendaraan akan kembali ke Jabotabek atau masih sekitar 48 persen pemudik yang belum kembali ke Jabotabek,” kata Subakti dalam keterangan tertulis, Senin (15/4).

Karenanya, kata Subakti, pihaknya terus bersiaga untuk menghadapi arus kendaraan dari arah Jawa yang akan masuk ke wilayah Jabodetabek.

“Terutama pada titik krusial KM 66 Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta yang merupakan pertemuan lalu lintas dari arah Trans Jawa dan Bandung,” ucap dia.

“Salah satunya dengan mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, menambah lajur transaksi di gerbang tol, pengalihan lalu lintas menuju jalur fungsional Japek II Selatan hingga menyiapkan sarana di lajur contraflow,” imbuhnya.

Subakti menyampaikan untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikatama arah Jakarta, pihaknya telah memaksimalkan seluruh lajur transaksi hingga 35 lajur dengan penyiagaan 28 mobile reader dan petugas bantu transaksi.

Jasa Marga juga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan. Mulai dari memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

“Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain,” tutur Subakti.