Iwan Suryawan Ungkap Fakta Soal Pemanfaatan Air Bersih Secara Maksimal Bagi Warga Jawa Barat

Antar Daerah1357 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Bogor Iwan Suryawan menggelar sosialisasi penyebarluasa Peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2024 tentang Pengelolaah Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air, Minggu (21/04/2024).

Berlokasi di Jalan Kebon Pedes, Kota Bogor, Iwan mengatakan bahwa Perda ini bertujuan memaksimalkan potensi sumber daya air yang ada di Jawa Barat agar dipelihara, dikelola secara baik hingga bisa dikonsumsi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Perda inilah yang memagari, menjaga agar semua yang berkepentingan mulai dari pemerintah sampai dengan masyarakat yang sifatnya sebagai pengguna juga memiliki kewajiban untuk memelihara kondisi air yang situasinya berada ditengah ancaman,” ujarnya.

“Bentuk ancaman-ancaman terhadap kebersihan air salah satunya adalah limbah, inilah yang harus kita jaga dan ada juga yang bertugas memantau kondisi air agar tetap bersih,” sambung Iwan.

Hal utama dalam menjaga kualitas air menurut mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini adalah sektor pencegahan.

“Terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001, Pasal 15 Ayat 1
berbicara tentang Penanggulangan
pencemaran air serta pemulihan kualitas
air yang dilakukan oleh Pemerintah
yang di dalamnya terdapat pemerintah
Provinsi dan kabupaten-kota meliputi
pula program kerja pengendalian
pencemaran air dan pemulihan kualitas
air secara berkesinambungan,” tukas Iwan.

Dalam hal pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pencemaran limbah, sampah, serta penebangan pohon secara masal dan legal, serta meningkatan kemampuan masyarakat untuk pencegahan limbah pabrik maupun limbah sampah rumah tangga agar air terjaga kualitasnya itu harus diketahui.

“Perda ini juga memperkuat Perda Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup Jawa Barat yang sudah ada terutama soal konservasi di hulu sungai, intinya yang bertugas disini nantiĀ  terus berkolaborasi untuk menjaga dan memastikan semua terintegrasi dalam pengelolaannya baik lingkungan dan juga air yang ada di dalamnya,” tutup Iwan.