Dilanjutkan Sampai Senin One Way Tol Cipali Hingga Kalikangkung

Berita857 views

Inionline.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memutuskan memperpanjang penerapan rekayasa lalu lintas berupa one way dari KM 72 ruas Jalan Tol Cipali, Jawa Barat sampai KM 414 GT Kalikangkung ruas Jalan Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah hingga Senin (8/4) pukul 24.00 WIB.

Sebelumnya skema one way tersebut hanya diterapkan hingga Minggu (7/4) pukul 24.00 WIB sejak mulai diberlakukan pada Jumat (5/4).

“Yang semula dijadwalkan tanggal 7 April 2024 ini kita jadwalkan pukul 24.00 untuk rekayasa lalu lintas one way dan seterusnya dihentikan, namun mengingat data-data tadi untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kita akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kita evaluasi besok kita evaluasi,” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di Command Center KM 29, Minggu (7/4).

Aan menerangkan berdasarkan pantauan di tujuh traffic counting selama tiga jam dari pukul 20.00 WIB, menunjukkan ada peningkatan arus lalu lintas yang signifikan ke arah Tol Trans Jawa.

“Kemudian pantauan dari CCTV juga demikian, dari sumber yang ada, mulai dari selatan Jatiasih, kemudian dari arah Sumatera masuk ke Tol Dalam Kota ini juga tinggi, kemudian dari utara Rorotan juga ada peningkatan,” ucap Aan.

“Kemudian juga data dari data empiris kita selama 3 hari ini dan tahun lalu ini sejak pukul 22.00 sampai dengan jam 09.00 pagi ini selalu ada peningkatan arus lalu lintas yang menuju Trans Jawa,” imbuhnya.

Disampaikan Aan, pada esok hari pihaknya akan kembali melakukan evaluasi terkait penerapan kebijakan ini. Kata dia, jika dirasa sudah tak ada peningkatan jumlah kendaraan, maka penerapan one way bisa dihentikan.

“Kita evaluasi besok kita evaluasi, sesuai data empiris tadi jam 21.00 ini biasanya sudah menurun kita evaluasi, apabila angka-angka yang kita dapatkan, indikator yang kita dapatkan ini ada penurunan kita akan lakukan relaksasi, tapi apabila ini masih meningkat kita akan teruskan,” ujarnya.