Bisa Bikin Playlist Cuma dengan Kalimat, Spotify Luncurkan Fitur AI

Inionline.id – Spotify meluncurkan fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memungkinkan pengguna membuat daftar lagu atau playlist cuma dengan menuliskan kalimat.

Spotify merupakan salah satu platform streaming musik paling populer saat ini. Hampir ada dua miliar pencarian di Spotify setiap hari.

“Kini kami menyediakan alat lain bagi pelanggan Spotify Premium untuk mencari dan kurasi musik. Dengan AI Playlist dalam versi beta, Anda dapat dengan mudah mengubah ide paling kreatif menjadi playlist,” tulis Spotify dalam sebuah keterangan, Minggu (7/4).

Fitur ini akan diluncurkan terlebih dulu di Inggris dan Australia untuk pengguna Android dan iOS. Belum ada informasi kapan fitur ini akan diluncurkan secara global, termasuk di Indonesia.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini hanya perlu mengetik perintah dengan kalimat unik untuk membuat playlist.

Misalnya, “lagu-lagu indie yang hangat”, “musik yang bikin rileks”, atau “lagu-lagu yang membuat saya merasa seperti karakter utama di film”.

Pengguna juga dapat menggunakan petunjuk yang merujuk ke tempat, hewan, aktivitas, karakter film, warna, bahkan emoji.

Spotify menyebut playlist yang paling baik dibuat dengan petunjuk yang berisi kombinasi genre, suasana hati, artis, atau dekade.

“Ini adalah alat baru, dan masih dalam versi beta, jadi kami akan terus berinovasi pada pengalaman pengguna,” tulis mereka.

Berikut cara membuat playlist dengan fitur AI Spotify.

Buka aplikasi Spotify di Android atau iPhone, dan pilih Library

Dari Library Anda, ketuk tombol “+” di sudut kanan atas aplikasi dan pilih “AI Playlist”

Pilih salah satu prompt yang disarankan atau ketik prompt Anda sendiri

Spotify akan menawarkan beberapa lagu yang sesuai dengan suasana yang Anda inginkan

Anda dapat dengan mudah mengatur pemilihan lagu dengan melihat pratinjau dan menghapus lagu

Anda dapat merevisi dan menyempurnakan playlist yang dibuat dengan memberi tahu AI Playlist apa yang Anda cari, (misalnya, “lebih pop” atau “kurang upbeat”)

Ketuk “Buat,” dan playlist baru Anda akan disimpan secara otomatis di Library.

Selanjutnya, Spotify akan membantu pengguna menyusun playlist yang dipersonalisasi berdasarkan lagu, artis, dan genre yang menurut mereka pengguna sukai.