Berikut ini 5 Penyakit yang Tidak Boleh Mengonsumsi Air Kelapa Muda

Kesehatan1357 views

Inionline.id – Air kelapa muda memang enak dan menyehatkan. Tapi ternyata ada beberapa orang dengan penyakit tertentu yang tidak boleh mengonsumsi air kelapa muda.

Lantas, penyakit apa yang tidak boleh minum air kelapa muda?

Air kelapa atau sari kelapa adalah cairan bening atau semi bening yang ada di dalam buah kelapa.

Mengonsumsi air kelapa memang dianggap sehat. Ada banyak kandungan ajaib dalam air kelapa muda. Kandungan seperti elektrolit, mulai dari sodium, kalsium, dan berbagai jenis nutrisi lainnya membuat air kelapa muda jadi salah satu minuman sehat yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Meski begitu, melansir Webmd, walau mengonsumsi air kelapa dianggap berisiko rendah, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu tetap harus memperhatikan porsi minum air kelapa muda ini.

Lantas, memangnya penyakit apa yang tidak boleh minum air kelapa muda?

Ada sejumlah penyakit yang ternyata harus membatasi atau bahkan tidak boleh sama sekali mengonsumsi air kelapa muda. Anda yang harus melakukan pembatasan asupan kalium, natrium, atau kalori membuat air kelapa bukan jadi minuman yang tepat dikonsumsi.

Berikut beberapa penyakit yang tidak boleh atau harus membatasi minum air kelapa:

1. Penyakit ginjal kronis

Bagi penderita penyakit ginjal kronis, asupan kalium sebaiknya dibatasi. Jumlah kalium yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang disebut hiperkalemia, yaitu ketika kadar kalium dalam darah sangat tinggi.

2. Darah tinggi atau hipertensi

Pola makan yang kaya natrium dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Sementara itu, sekitar delapan ons air kelapa justru mengandung sekitar 101 miligram sodium.

Oleh karena itu, Anda yang memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya batasi minum air kelapa muda. Pasalnya, tekanan darah tinggi dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan penyakit jantung. Natrium juga dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah.

3. Kehamilan di trimester pertama

Melansir berbagai sumber, di usia tiga bulan kehamilan janin belum menempel kuah di rahim ibu. Makanya, minum air kelapa muda sangat tidak disarankan karena berisiko keguguran.

Gejala mual di pagi hari pada periode ini bisa menjadi lebih parah akibat seringnya konsumsi air kelapa yang dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

4. Pemilik cold body

Air kelapa bukanlah pilihan yang baik bagi individu dengan kondisi tubuh dingin atau cold body. Pasalnya, air kelapa memiliki sifat mendinginkan, sementara konsumsi berlebihan dapat mengganggu keseimbangan aktivitas metabolisme “yin dan yang”, melemahkan tubuh dan menyebabkan kelelahan.

5. Jantung dan diabetes

Individu dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit ginjal kronis, ketidakseimbangan elektrolit atau sensitif terhadap air kelapa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi sebelum mengonsumsi air kelapa.

Seperti makanan lainnya, bila digunakan dengan benar, air kelapa bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, tapi jika tidak maka bisa membahayakan tubuh.

Itulah jawaban atas pertanyaan penyakit apa yang tidak boleh minum air kelapa.