Usai Xavi Umumkan Mundur Barcelona Tanpa Beban

Inionline.id – Barcelona lolos ke perempatfinal Liga Champions usai kalahkan Napoli. Xavi Hernandez menyebut para pemainnya kini tampil lebih leluasa usai ia putuskan mundur.

Laga Barcelona vs Napoli di leg kedua 16 besar Liga Champions digelar di Estadi Olimpic Lluis Companys, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB. Blaugrana menang 3-1 untuk lolos dengan agregat 4-2.

Kemenangan ini mengakhiri penantian panjang Barcelona. Ini adalah perempatfinal Liga Champions pertama Barcelona sejak 2020, ketika masih diperkuat Lionel Messi.

Kemenangan ini memperpanjang tren positif Barcelona usai Xavi Hernandez mengumumkan kepergiannya pada akhir Januari lalu. Xavi akan pergi setelah musim ini tuntas.

Sejak saat itu, Barcelona tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan secara beruntun di semua kompetisi. Xavi menyebut bahwa keputusannya itu membantu mengangkat beban dari pundak para pemainnya.

“Kami tampil luar biasa. Tim saya habis-habisan di lapangan, mereka mengerahkan semuanya di sana. Kami mendominasi sebagian besar pertandingan dan saya sangat bangga,” ujar Xavi di situs resmi UEFA.

“Saya peringatkan semua orang kalau skuad ini akan mengambil langkah besar ketika saya mengumumkan keputusan saya untuk pergi lebih awal. Ini adalah momen yang harus kami nikmati!”

“Saya kira orang-orang tidak percaya ketika saya bilang saya yakin bahwa pengumuman saya itu akan membebaskan pemain. Sekarang, kami sudah menunjukkan kalau kami kompetitif di Eropa,” kata Xavi.