UMKT Satu-Satunya PTS di Kalimantan yang Punya Fakultas Kedokteran

Pendidikan957 views

Inionline.id – Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) berhasil mendapatkan izin pendirian Fakultas Kedokteran (FK). Pendirian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 219/E/0/2024.

Atas capaian tersebut, saat ini terdapat 14 Fakultas Kedokteran di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA). Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib mengaku bahagia dan bangga atas terbitnya SK tersebut.

“Atas capaian ini, UMKT menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalimantan yang memiliki Fakultas Kedokteran,” kata Irwan dikutip dari laman muhammadiyah.or.id, Senin, 18 Maret 2024.
Irwan berharap kepercayaan ini dapat dijaga dan UMKT dapat terus melakukan inovasi. Sehingga, kehadiran FK dapat memberi yang terbaik kepada semua pemangku kepentingan.

“Kehadiran FK di UMKT diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi Persyarikatan khususnya dan bagi kepentingan bangsa dan negara ini,” ucap Irwan.

Sementara itu, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Bambang Setiaji menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terbitnya SK Fakultas Kedokteran UMKT. Bambang mengungkapkan target awal Majelis Diktilitbang terdapat 21 Fakultas Kedokteran di PTMA.

Namun, Menteri Kesehatan (Menkes) medorong Muhammadiyah membuat 35 Fakultas Kedokteran. Hal ini disampaikan saat pertemuan Menkes-Majelis Diktilitbang.

“Majelis Diktilitbang mendorong PTMA lainnya untuk dapat mengajukan dan mendirikan Fakultas Kedokteran. Dan Kami juga berharap UMKT ke depan semakin diterima di masyarakat dan hadirnya Fakultas Kedokteran dapat menjadi sumbangan kepada perbaikan kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di Kalimantan,” tutur Bambang.