Presiden Jokowi Mengimbau untuk Mudik Lebih Awal

Headline, Nasional957 views

Inionline.id – Guna menghindari macet di puncak arus mudik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal. Jokowi menyebut mudik 2024 kali ini diprediksi akan sangat masif.

Jokowi pun meminta agar pemudik mendahulukan keluarganya untuk pulang ke kampung halaman, sehingga meminimalisir keramaian saat mudik bersama.

“Saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal. Kalau tidak, keluarganya dulu yang diberangkatkan untuk mudik,” kata Jokowi usai menghadiri acara Pembukaan Kongres HIKMAHBUDHI ke-XII di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Kamis (28/3).

Jokowi pun mengatakan kenaikan jumlah pemudik diprediksi mencapai 56 persen dibandingkan tahun lalu. Survei pemerintah juga mencatatkan kurang lebih 190 juta warga akan mudik tahun ini.

“Agar mudik kita tahun ini semuanya berada pada posisi yang nyaman. Sekali lagi, jumlahnya bukan jumlah yang sedikit. 190 juta itu bukan jumlah yang kecil, kenaikannya 56 persen. Gede banget,” ujar Jokowi.

Pemerintah sebelumnya menyebut puncak arus mudik bakal terjadi pada 5-8 April dan puncak arus balik terjadi pada 13-16 April.