Per Harinya Masjid Istiqlal akan Siapkan Takjil Gratis hingga 6 Ribu Boks

Antar Daerah757 views

Inionline.id – Selama Ramadan 1445 Hijriah pengelola Masjid Istiqlal bakal menyediakan 4 ribu sampai 6 ribu boks takjil gratis bagi para jemaah.

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu mengatakan jumlah tersebut jauh meningkat ketimbang tahun sebelumnya yang hanya mencapai 3 ribu-4 ribu boks setiap harinya.

“Kalau tahun ini kita sediakan 4 ribu boks, untuk hari Jumat, Sabtu, Minggu kita naikkan jadi 6 ribu boks. Karena jumlah jemaah yang lebih besar ketika hari libur,” ujarnya kepada wartawan, Senin (11/3).

Ismail menjelaskan nantinya program pemberian takjil gratis itu dikerjakan oleh total 11 pihak katering selama sebulan penuh. Hal itu, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi agar makanan tetap terjaga dan tidak basi.

“Kita enggak mendirikan dapur umum. Prosesnya kita dibantu oleh 11 katering, karena kalau melayani 4 ribu-6 ribu boks enggak mungkin satu katering,” tuturnya.

“Kita juga menjaga agar makanannya jangan sampai basi karena jam 16.00 WIB sudah harus siap,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ismail mengimbau agar masyarakat yang ingin berkunjung ke Masjid Istiqlal selama Ramadan untuk datang lebih awal.

Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan ataupun kepadatan akibat banyaknya jemaah yang mendatangi Masjid Istiqlal di bulan suci.

Pemerintah mengumumkan 1 Ramadan 1445 Hijriah atau awal puasa jatuh pada 12 Maret 2024 berdasarkan pemantauan hilal di ratusan titik di seluruh Indonesia.

Penetapan itu berdasarkan Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) bersama perwakilan ormas-ormas keagamaan hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Minggu (10/3).

Sementara, Muhammadiyah, yang menganut hisab hakiki wujudul hilal, lebih dulu menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada 11 Maret.