Lima Destinasi Bebas Visa Untuk Wisatawan Indonesia

Inionline.id – Topik pembebasan visa sedang menjadi sorotan di Asia Tenggara, setelah Thailand dan Malaysia memperkenalkan masa tinggal bebas visa bagi wisatawan dari India dan Tiongkok.Beberapa negara lain juga sedang mempertimbangkan kebijakan serupa. Fenomena ini memotivasi Agoda, platform perjalanan digital, untuk mengeksplorasi data pencarian mereka dan mencari lima destinasi populer yang diminati oleh wisatawan Indonesia dan tidak memerlukan stempel paspor sebelum melakukan perjalanan.

Saat ini, Indonesia memiliki paspor terkuat ke-6 di Asia Tenggara, memberikan akses bebas visa ke 78 destinasi di seluruh dunia, menurut Henley Passport Index 2024.

Berdasarkan data pencarian Agoda, lima negara bebas visa yang paling diminati oleh wisatawan Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan Vietnam. SImak ulasan singkatnya.

Malaysia

Menara Petronas (Shutterstock)

Malaysia merupakan destinasi paling diminati oleh wisatawan Indonesia menurut data pencarian Agoda. Kekayaan kuliner, festival yang meriah, dan pemandangan menakjubkan menjadikannya tempat yang ideal untuk dikunjungi. Dengan berbagai pilihan destinasi seperti kehidupan kota Kuala Lumpur, kedamaian Cameron Highlands, atau pantai-pantai indah di Langkawi dan Penang, Malaysia menjadi pilihan yang sempurna untuk liburan singkat.

Singapura

Kota Singa memukau dengan skyline ikoniknya, atraksi dunia yang kelas atas, dan kenikmatan kuliner. Pengunjung Indonesia dapat menjelajahi tempat-tempat seperti Gardens by the Bay, Sentosa Island, dan Merlion Park yang terkenal (dan baru-baru ini direnovasi). Dengan sistem transportasi publik yang efisien dan pusat perbelanjaan kelas dunia, Singapura menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung Indonesia.

Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Asia Tenggara. Baik untuk merencanakan kunjungan ke tempat-tempat spiritual seperti Chiang Mai dan Sukhothai, menjelajahi kesibukan Bangkok, menikmati berbagai pantai dan pulau, atau retret meditasi, semuanya bisa ditemukan di Thailand. Thailand juga terkenal dengan kekayaan kuliner. Selain itu, Thailand juga menjadi tujuan utama untuk wisatawan Indonesia yang gemar “Jastip”, yang merupakan istilah Indonesia untuk Jasa Titip.

Jepang

Ilustrasi Jepang. (Timeout)

Jepang menawarkan pesona empat musim yang tak tertandingi, dengan warisan tradisional dan keajaiban budaya. Mulai dari upacara minum teh, seni bela diri, hingga budaya pop yang kaya warna seperti anime dan J-Pop. Wisatawan dapat mengeksplorasi kuil-kuil yang mengantar mereka pada sisi spiritual Jepang, sementara festival-festival menampilkan kehidupan yang penuh warna. Jepang juga terkenal dengan pengalaman menyegarkan di onsen yang seringkali berada di tengah alam.

Vietnam

Keindahan alam, makanan lezat, dan sejarah yang kaya menjadikan Vietnam destinasi yang populer bagi wisatawan Indonesia. Dari kota kuno Hoi An hingga Teluk Halong yang memukau, Vietnam menawarkan perpaduan yang unik antara petualangan dan relaksasi. Jangan lewatkan kunjungan ke Ho Chi Minh City untuk merasakan ragam kuliner dari restoran bintang Michelin hingga jajanan pinggir jalan. Jelajahi landmark sejarah seperti Saigon Central Post Office dan Notre-Dame Cathedral Basilica, serta ikuti tur ke terowongan Cu Chi Tunnels yang merupakan peninggalan kolonial Prancis di Vietnam.

Dengan adanya opsi perjalanan bebas visa, wisatawan Indonesia dapat menikmati petualangan tanpa repot mengurus dokumen, sehingga menghemat waktu dan uang.