Khusus untuk Olahraga, Kadishub DKI Pastikan CFD Tetap Ada di Ramadan

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan hari bebas kendaraan bermotor alias car free day (CFD) tetap digelar di Jakarta selama Ramadan. Hal ini berbeda dengan yang sebelumnya disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Untuk HBKB/CFD selama Ramadan tetap dilaksanakan ya,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Senin (11/3).

Namun, ia menegaskan tak ada acara khusus saat CFD di Jakarta selama Ramadan. CFD hanya menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk kegiatan olahraga.

“Pada bulan Ramadan, HBKB tetap dilaksanakan, namun tanpa partisipan atau tanpa pengisi acara seperti panggung, musik, pawai, tenda-tenda, dan lain-lain,” jelasnya.

Sebelumnya, Heru mengatakan CFD tak digelar di Jakarta selama Ramadan. Menurutnya, ketentuan ini sudah seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya enggak ada,” kata Heru di Pusat Pemasaran Bibit, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (8/3).

Pemerintah telah mengumumkan 1 Ramadan 1445 Hijriah atau awal puasa di jatuh pada 12 Maret 2024 berdasarkan pemantauan hilal di ratusan titik di seluruh Indonesia.

Hal itu diputuskan melalui Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) bersama perwakilan ormas-ormas keagamaan hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Minggu (10/3).

Sementara, Muhammadiyah, yang menganut hisab hakiki wujudul hilal, lebih dulu menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada 11 Maret.