Kembali Raih Akreditasi Unggul LAMEMBA, MM UGM Kampus Jakarta

Pendidikan1657 views

Inionline.id – Kabar gembira kembali diterima Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Jakarta.  Prodi tersebut kembali meraih predikat Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA).

Status akreditasi Unggul prodi MM UGM berlaku 30 April 2024–30 April 2029.  Lima tahun sebelumnya, program studi MM FEB UGM Kampus Jakarta telah mendapatkan akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT).

Lalu pada tahun 2022 akreditasi program studi di FEB UGM beralih ke lembaga akreditasi mandiri (LAMEMBA).  LAMEMBA merupakan lembaga akreditasi yang bertugas melakukan proses akreditasi untuk program studi di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi.
Lembaga ini diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IA), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).  “Raihan akreditasi Unggul dari LAMEMBA ini menjadi bukti bahwa MM FEB Kampus Jakarta UGM selalu menjaga kualitas pendidikan secara berkelanjutan,” jelas Ketua Prodi MM FEB Kampus Jakarta, Prof. Dr. Tandelilin Eduardus, M.B.A dilansir dari laman UGM, Minggu, 24 Maret 2024.

Akreditasi Unggul diperoleh program studi MM FEB UGM Kampus Jakarta setelah melalui sejumlah penilaian. Terdapat sembilan kriteria penilaian LAMEMBA yaitu visi, misi, tujuan, dan strategi, tata pamong, tata kelola, dan kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, luaran, dan capaian tridarma.

Sebelum memperoleh akreditasi, program studi MM FEB UGM Kampus Jakarta menerima visitasi LAMEMBA pada tanggal 8 dan 9 Januari 2024. Dalam visitasi tersebut hadir sebagai asesor Prof. Dr. Aurik Gustomo, S.T. M.T., dan Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M.Sc., Ph.D.

Pelaksanaan visitasi berlangsung lancar dengan dukungan kuat dari para dosen, alumni, dan mahasiswa yang turut hadir dan berdialog langsung dengan para asesor. Dukungan kuat juga berasal dari para mitra yang hadir mengisi dialog secara terpisah.

Tandelilin menyampaikan program studi MM FEB UGM telah memantapkan diri sebagai salah satu program yang unggul dan penyelenggara pendidikan manajemen terkemuka di Indonesia. Pencapaian ini tidak lepas dari visi untuk menjadi sekolah bisnis tingkat pascasarjana terkemuka untuk mengembangkan pemimpin bisnis strategik yang bermoral, beretika, visioner, dan berpengetahuan kuat dalam memajukan pengetahuan bisnis dan mempromosikan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Hal tersebut didukung dengan komitmen kuat dari fakultas dan staf dalam mencapai standar kualitas manajemen pendidikan.  “Kualitas telah menjadi tradisi kami yang berdasarkan pada warisan dan reputasi UGM,” tegas Tandelilin.

Program studi MM FEB UGM Kampus Jakarta memiliki empat program Master of Business Administration. Saat ini program studi ini memiliki jejaring alumni yang sangat kuat, kemitraan dengan industri yang luas, serta jejaring internasional dengan lebih dari 40 universitas mitra di luar negeri.

Salah satu kerja sama strategis yang dijalin adalah pelaksanaan double degree program MBA FEB UGM dengan 15 mitra di wilayah Eropa, Australia dan Asia termasuk dengan Master of Science in Venture Creation NUS. Berikutnya, penyelenggaraan student exchange dengan 34 universitas dunia, salah satunya Rotterdam School of Management, Erasmus University, Belanda.

Selain itu, penyelenggaraan summer course dengan berbagai universitas dunia, termasuk dengan University of Antwrep. Program studi MM FEB UGM Kampus Jakarta juga berhasil menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia telah mampu bersaing secara global dan setara dengan universitas ternama di luar negeri.

Selain akreditasi dari LAMEMBA, program studi MM FEB UGM juga telah terakreditasi internasional dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Lalu berhasil meraih peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 25 di Asia untuk kategori Thought Leadership QS World University Ranking.

Sebagai bagian dari FEB UGM, program studi MM FEB Kampus Jakarta berkomitmen kuat untuk terus mendukung pelaksanaan misi fakultas dalam menumbuhkembangkan pemimpin masa depan dalam ilmu ekonomi dan bisnis. Raihan akreditasi Unggul LAMEMBA dan akreditasi internasional AACSB serta kerja sama startegis dengan mitra luar negeri, program studi MM FEB UGM kedepan akan terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan berkontribusi secara aktif dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia profesional dan berkualitas.